Vitamin Untuk Ibu Hamil Dan Manfaatnya Bagi Bayi

Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil sudah seharusnya terpenuhi dalam menu makanan sehat sehari hari karena besarnya manfaat yang terkandung dalam vitamin dan mineral bagi wanita hamil dan bayi dalam kandungan bisa menjadi pendukung untuk memperoleh hamil sehat dan bayi yang kuat

Pola hidup sehat yang dibangun untuk ibu hamil harus menyentuh kepada standar kesehatan dan kelayakan bagi perkembangan janin sekaligus sang ibu sehingga proses kehamilan sehat dan kuat tetap terjaga selama kehamilan, hal ini penting utuk diketahui dan diterapkan dikeseharian agar ibu hamil dan bayi memperoleh manfaat dari mengkonsumsi makanan sehat bervitamin.

Vitamin Untuk Ibu Hamil

Pada umumnya kesadaran mengatur menu sehat makanan sehari hari sering terabaikan sehingga kebutuhan tubuh akan pentingnya asupan nutrisi bergizi tinggi dan protein sering kali tidak terpenuhi, dengan berbagai sebab tentunya seperti kecenderungan lebih memilih fast food atau makanan instan siap saji menjadi pilihan mudah didapatkan dan diaplikasikan sehari hari sehingga kebutuhan mineral dan vitamin untuk ibu hamil luput dariperhatian yang seharusnya menjadi fokus utama penyajian menu sehat bagi wanita hamil

Manfaat Vitamin Untuk Ibu Hamil Dan Bayi

Selama fase kehamilan ibu hamil mengkonsumsi makanan yang berguna selain untuk dirinya juga untuk menyuplai kebutuhan nutrisi janin didalam kandungan, proses pemberian nutrisi ini disalurkan melalui plasenta yang terhubung dari sang ibu menuju bayi dalam rahim.

Setelah mengetahui proses alami ikatan antara ibu dan bayi maka sudah seharusnya ibu hamil berhati hati memilih jenis makanan yang sesuai dan memenuhi standar kesehatan selama kehamilan agar memperoleh bayi sehat dan kuat karena wawasan yang baik ketika menentukan menu sehat untuk ibu hamil meliputi kebutuhan vitamin dan mineral saat hamil akan berdampak positif bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Jenis Vitamin yang harus dikonsumsi ibu hamil

Ada banyak jenis vitamin yang dapat ditemui namun dari sekian jenis vitamin tersebut beberapa diantaranya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, yaitu:

  • Asam folat
  • Zat Besi
  • Kalsium
  • Omega 3

Catatan penting! 4 kategori vitamin diatas meskipun termasuk kategori penting untuk dikonsumsi ibu hamil tetapi dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter atau tenaga ahli gizi untuk mendapatkan nasehat terbaik sesuai kondisi kehamilan anda dan untuk mengetahui jenis vitamin lain yang mendukung perkembangan bayi.

Apa itu asam folat?

Asam folat (Vit B 9) adalah vitamin yang sangat penting, karena dapat memberi manfaat membantu mengurangi resiko bayi lahir cacat seperti spina bifida. Dokter menyarankan bahwa ibu hamil mengkonsumsi suplemen ini bahkan sebelum hamil.
Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi asam folat secara alami dengan makan sereal, buah, buncis, jus jeruk, kacang polong dan sayuran berdaun hijau.

Mengapa zat besi penting saat kehamilan?

Zat Besi adalah elemen pokok untuk reproduksi hemoglobin yang bertanggung jawab menyalurkan oksigen di seluruh tubuh sehingga bayi menerima cukup oksigen dan dapat tumbuh dengan sehat.

Mengkonsumsi zat besi untuk ibu hamil secara alami dapat dilakukan dan mudah ditemui dikeseharian, zat besi ini terdapat di daging, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, brokoli dan juga ikan.

Manfaat kalsium bagi wanita hamil

Kalsium bertanggung jawab untuk pertumbuhan kesehatan tulang. dengan alasan tersebut, sangat penting untuk mengkonsumsi kalsium selama kehamilan, karena bayi anda membutuhkan zat ini sebagai pertumbuhan dan kesehatan tulangnya.

Mengkonsumsi kalsium secara alami sehari-hari dapat diperoleh dari produk susu, keju, yoghurt, dll

Manfaat Omega 3 untuk ibu hamil

Omega 3 merupakan elemen yang sangat diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pusat bayi, pertumbuhan otak dan perkembangan mata bayi anda.

Omega 3 bisa diperoleh dengan mudah karena zat penting ini terkandung dalam ikan. setidaknya Anda harus makan ikan 2 kali seminggu selama kehamilan. Omega 3 yang baik termasuk ikan berlemak dapat diperoleh dari jenis seperti salmon, trout, herring, ikan teri, dan sarden. Omega 3 ini terkandung dalam daging ayam, telur, tuna kaleng dan minyak biji rami. Namun, Anda harus berhati hati ketika ingin mengkonsumsi ikan, karena ada beberapa jenis ikan memiliki tingkat merkuri yang dapat membahayakan pertumbuhan bayi.

Simak artikel lengkapnya tentang memilih ikan yang baik saat ibu hamil

Demikian jurnal ilmiah tentang kebutuhan Vitamin Untuk Ibu Hamil Dan Manfaatnya Bagi Bayi, semoga paparan ini bermanfaat bagi anda ketika mencari informasi makanan sehat untuk ibu hamil dan menambah wawasan sebagai persiapan membangun kehamilan yang sehat dan bayi dalam kandungan, silahkan dishare agar bermanfaat buat wanita hamil lainnya…

This Article Was Written By

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry