Topan Hato Melanda Hong Kong, 3 Orang Dilaporkan Tewas

oleh
Topan Hato Hong kong

Topan Hato Hong kong

Hongkong – Badai Topan kuat melanda Macau menyebabkan setidaknya tiga orang tewas pada Rabu 23/8/2017 laporan pemerintah setempat di daerah kantong, Cina, Otoritas cuaca di Hong Kong memberikan sinyal peringatan badai No. 10, tingkat tertinggi, untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Tiga pria berusia 30, 45 dan 62, tewas karena mengalami kecelakaan akibat hujan lebat dan angin kencang Topan Hato, dan dua orang lainnya hingga kini dilaporkan masih hilang, kata Biro Informasi Pemerintah Macau.

Topan melanda Macau tersebut terjadi di 60 kilometer (37 mil) dari pusat financial terdekat Hong Kong sebelum menuju ke arah barat daratan China.

Layanan cuaca China mengatakan, badai tersebut menerpa sekitar tengah hari di kota Delta Sungai Mutiara, Zhuhai, di provinsi sebelah Guangdong. Ribuan orang dievakuasi dari beberapa wilayah pantai menjelang kedatangan badai tersebut, kantor berita resmi China Xinhua melaporkan.

Menghindari kerusakan lebih parah, layanan kereta api telah ditunda, dan kapal nelayan terdiri dari lebih 4.000 orang diserukan kembali ke pelabuhan. Gelombang setinggi 10 meter (33 kaki) diperkirakan terjadi di Laut Cina Selatan, badan Xinhua menambahkan.

Di Hong Kong, Badai topan Hato memaksa penutupan bisnis, kantor pemerintah, sekolah dan pasar saham, meninggalkan jalanan kota yang biasanya ramai menjadi lenggang dan sekitar 450 jadwal penerbangan dibatalkan berikut layanan kapal feri telah menghentikan layanan komuter dan rute ke Makau dan kota-kota di delta.