Tim Cook: Dorongan Regulasi Teknologi Baru ‘Tak Terhindarkan,’

oleh
CEO APPLE Tim Cook: Dorongan Regulasi Teknologi Baru
CEO APPLE Tim Cook: Dorongan Regulasi Teknologi Baru

WASHINGTON, 19 November – CEO Apple Tim Cook memprediksi bahwa peraturan baru perusahaan teknologi dan jejaring sosial untuk melindungi data pribadi seseorang “tidak dapat dihindari” lagi.

Dalam sebuah wawancara dengan situs web berita Axios yang disiarkan kemarin di televisi HBO, Cook mengatakan dia mengharapkan Kongres AS akan mengangkat masalah ini.

“Secara umum, saya bukan penggemar regulasi,” kata Cook dalam kutipan yang dirilis oleh Axios. “Saya sangat percaya pasar bebas. Tetapi kita harus mengakui ketika pasar bebas tidak berfungsi. Dan itu tidak berhasil di sini. Saya pikir itu tidak terhindarkan bahwa akan ada beberapa tingkat regulasi.

“Saya pikir Kongres dan administrasi pada suatu saat akan melewati sesuatu.”

Cook sebelumnya telah menjadi pendukung pengaturan diri, terutama karena menyangkut perlindungan data pengguna.

Tetapi setelah adanya skandal dari konsultasi data Cambridge Analytica yang memperoleh data dari jutaan pengguna Facebook, Cook mengatakan industri itu sekarang di luar ruang lingkup “self-regulation”.

Facebook telah mencoba untuk menangkis kekhawatiran tentang seberapa baik upaya melindungi data pengguna dan membela penggunaan situs untuk menyebarkan informasi yang salah yang ditujukan untuk mengganggu momen seperti pemilu.

Kontroversi yang telah menghantam Facebook sejak pemilihan presiden 2016 di Amerika Serikat telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah co-founder Mark Zuckerberg harus mempertahankan posisinya sebagai kepala eksekutif atau tidak.

Beralih ke ketidaksetaraan jender di tempat kerja, Cook mengatakan industri teknologi pada umumnya sangat kuat dalam keragaman, meskipun budaya yang terjadi selalu didominasi laki-laki.

“Saya setuju 100 persen dari sudut pandang genderalisasi bahwa cara sudut pandang telah melewatkannya, dan teknologi pada umumnya tidak perduli,” katanya.

Namun, Cook menambahkan, “Saya benar-benar terdorong pada titik ini bahwa akan ada peningkatan yang lebih nyata dari waktu ke waktu.” – AFP.