Teresa Teng Penyanyi Taiwan Yang Terkenal Hingga Mancanegara

oleh
Teresa Teng Penyanyi Taiwan Yang Terkenal Hingga Mancanegara
Teresa Teng Google Doodle

Omediapc.com – Teresa Teng adalah seorang legenda pop Asia yang meraih ketenaran di Jepang dengan bebearapa hitnya. Lagu-lagu Teng tetap populer di karaoke dan hampir 3 juta CD serta DVDnya telah terjual di negara ini sejak dia meninggal dunia pada tahun 1995 akibat serangan asma saat berada di Thailand.

Teresa sedari kecil telah menyukai musik. Dari masa kanak-kanak, bintang asal Taiwan tersebut belajar lagu-lagu tradisional Tionghoa, itulah mungkin alasannya mengapa dia sangat memahami pentingnya lirik. Di China, lirik lagu (ci) pernah dipandang turun sebagai bentuk yang lebih rendah dari pada puisi (shi). Tapi di Dinasti Song (960-1279), karya teladan oleh penulis terkenal membantu mengembangkannya menjadi genre sastra yang diakui.

Album Teng tahun 1983 ‘Dandan youqing’ (Light Exquisite Feeling) adalah contoh nyanyian lirik Song Dynasty yang terkenal dengan melodi kontemporer. Teng menyampaikan ratapan hidup dan kerinduan pada rumah yang ditulis oleh orang-orang kuno, melepaskan segumpal emosi yang melampaui ruang dan waktu.

Saat dia menyanyikan lagu-lagu Jepang, Teresa juga memperhatikan liriknya. Dengan bantuan penerjemah, dia berulang kali meminta penulis lagu dan produser untuk menerjemahkan kata-kata yang berbeda dan tidak akan melanjutkan ke stan rekaman sampai dia merasa puas ketika dia memahaminya sepenuhnya.

Saat tampil, dia menyampaikan ‘rasa’ kepada hati penggemarnya dengan memasukkan setiap kata dengan makna secara hati-hati saat mengumandangkan melodi sehingga para audiens merasa berbicara langsung dengan sang idola, dimana hari ini Google Doodle memperingati kelahirannya yang ke-65.

Teresa Teng dikenal sering melakukan rekaman saat tinggal di Los Angeles pada tahun 1980 ketika lagu pop kayōkyoku Jepang yang diterjemahkan ke bahasa China kemudian didistribusikan ke kaset dan CD di Taiwan, Hong Kong, dan China serta Asia Tenggara, yang dikenal luas di seluruh wilayah ini.