Taman Nasional Bunaken Wisata Keindahan Laut Kaya Ekosistem

oleh
Taman Nasional Bunaken Wisata Keindahan Laut Kaya Ekosistem
Taman Nasional Bunaken Wisata Keindahan Laut Kaya Ekosistem

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman yang merupakan fakta keindahan alami asli Nusantara ini terletak di Segitiga Terumbu Karang dan menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang.

Selain sebagai Taman Nasional, Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan ini sehingga keberadaannya menjadi cermin ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Sejarah Wisata Taman Nasional Bunaken

Kawasan penuh keindahan perairan ini ditemukan pada tahun 1975 dan diresmikan pada tahun 1991 yang meliputi wilayah seluas 890.65 km². Sebagian besar dari 97% wilayahnya merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Taman Nasional Bunaken Wisata Keindahan Laut Kaya Ekosistem
Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem yang sangat kaya akan terumbu. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum.

Di daratan, pulau ini kaya akan Arecaceae, sagu, woka, silar dan kelapa. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga memiliki spesies hewan yang tinggal di daratan, seperti rusa dan kuskus. Hutan mangrove di taman menjadi habitat bagi kepiting, lobster, moluska dan burung laut.

Taman Nasional Bunaken secara resmi didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu taman laut pertama Indonesia. Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini kepada UNESCO untuk dimasukan kedalam Situs Warisan Dunia.

Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado – Sulawesi Utara dengan luas sekitar 8,08 km persegi, tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari pemeritahan kota Manado yang merupakan ibukota Sulawesi Utara. di sini terdapat sebuah Taman Laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado Tua ( Mantehage dan Siladen ). untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken Anda harus menyelam kedalam dan bergerak mengikuti irama ombak yang mengalir.

Taman Nasional Bunaken Wisata Keindahan Laut Kaya Ekosistem
Taman Nasional Bunaken Google Dodle

Taman Nasional Bunaken Diperingati Google Doodle ke-27

Pemerintah Indonesia meresmikan lima pulau dan perairan Bunaken pada tahun 1991, memberikan perlindungan terhadap 58 jenis terumbu karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang terletak di Taman Nasional Bunaken.

Terletak di sebelah utara pulau Sulawesi, Taman Nasional Bunaken adalah tempat di mana penyu sisik Hawksbill berada di terumbu karang di tengah aneka ragam pohon damselfish, clownfish, angelfish, dan sejumlah penghuni laut yang mempesona.

Hewan laut yang spektakuler bukan satu-satunya penghuni taman laut seluas 280 mil persegi, yang terletak di bagian utara provinsi Sulawesi. Ada sekitar 20.000 manusia, sebagian besar bergantung pada perikanan untuk setidaknya menjadi sumber gizi harian mereka. Kerapu, kakap, dan pakan napoleon di sepanjang dinding karang yang luas mengandung jumlah keanekaragaman hayati yang mengesankan – hampir 70% persen dari spesies laut yang ditemukan di bagian dunia ini.

Meskipun penangkapan ikan ilegal masih terjadi, dan karang rentan terhadap perubahan iklim, pemerintah Indonesia mengajukan permohonan agar taman tersebut terdaftar sebagai salah satu daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, yang memberikan perlindungan tambahan. Sekolah-sekolah di Indonesia mendidik siswa tentang kerawanan ekosistem tempat mereka tinggal, memastikan bahwa generasi masa depan belajar bagaimana melindungi harta Taman Nasional Bunaken.