Supermoon Malam Ini Bulan Purnama Besar Akhir Tahun 2017

oleh
Supermoon Malam Ini Bulan Purnama Besar Akhir Tahun 2017
Supermoon 2017

Omediapc.com – Fenomena Supermoon atau bulan super bisa dinikmati wilayah Indonesia mulai tanggal 3 Desember 2017 hingga besok malam, penampakan bulan purnama besar malam ini adalah yang terakhir di tahun 2017.

Supermoon terjadi ketika posisi bulan berada pada jarak yang terdekat dengan planet bumi atau jika dikatakan menurut istilah Astronomi disebut dengan perigee.

3 Desember 2017, fenomena Supermoon atau Bulan Super akan terlihat di sejumlah titik dimana posisi Bulan berada di posisi terdekat dengan Bumi yaitu sekitar 357.492 kilometer. Jarak bulan purnama hari ini lebih jauh dibanding Supermoon tahun lalu sekitar 356.500 kilometer dari Bumi.

Bulan Super akan nampak terlihat lebih besar 7 persen dan 16 persen lebih terang dibanding bulan purnama biasa. Maka tak heran jika nanti malam, purnama terlihat berbeda dari biasanya.

Pada masa terdekatnya (3 Des – 4) bulan berjarak 357.500 km pada pagi hari tanggal 4 Desember.

Penampakan Bulan super ini bisa diamati dengan mata telanjang namun bagi warga yang tidak terbiasa mengamati purnama, fenomena alam ini sulit untuk dibedakan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, masyarakat Padang, Sumatera Barat, dapat menyaksikan Supermoon atau bulan penuh yang berukuran besar pada 3 Desember 2017.

“Jika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat bulan penuh dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya pada 3 Desember 2017 pukul 22.46 WIB,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono, seperti dilansir Antara.

Fenomena Supermoon berikutnya bisa kita nikmati beberapa pekan kemudian ditahun 2018 yakni sekitar tanggal 2 Januari dan 31 Januari.