Inilah Strategi Lorenzo Jelang Final MotoGP Valencia 2017

oleh
Strategi Lorenzo Jelang Final MotoGP Valencia 2017
Final MotoGP Valencia 2017

Omediapc.com, Marc Marquez akhirnya keluar sebagai yang tercepat hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2017 yang berlangsung Sabtu (11/11/2017) di Spanyol mengungguli rivalnya pebalap Ducati, Andrea Dovizioso yang menempati posisi kesembilan.

Catatan waktu Baby Alien di sesi kualifikasi penentuan race start final perebutan gelar juara tahun ini adalah 1 menit 29.897 detik, hasil gemilang juga dibukukan Marquezz saat menjalani latihan bebas ketiga dan keempat (FP3, FP4) dimana juara dunia lima kali itu jadi yang terdepan meski terjatuh dua kali.

Isu menarik perhatian pecinta Grand Prix jelang Final Minggu Malam 20.00 WIB adalah posisi yang ditempati Lorenzo hasil kualifikasi GP Valencia kemarin dimana dia menempati urutan keempat pada Grid kedua tepat dibelakang Marquez rekan satu negaranya.

Isu muncul saat persaingan tinggal menyisakan dua kandiddat juara musim ini, torehan poin Dovi dan Mark terpaut 21 angka, dimana juara seri terakhir ini akan mengantongi 25 poin, peluang Dovizioso untuk meraih kejuaraan di Spanyol terbilang kecil apalagi ia harus mengawali start dari posisi 9 atau grid ke tiga.

Sementara Marquez hanya membutuhkan finnish di posisi 10 besar untuk mengunci kemenangan dan meraih gelar Jurdun keenam kalinya, disinilah peluang Dovi untuk merengkuh kesempatan jadi Juara musim ini sangat tipis mengingat prediksi balapan sang rival yang begitu terbuka lebar dihadapan publiknya sendiri.

Pandangan GP mania kemudian tertumpu kepada rekan satu timnya di Ducati, Jorge Lorenzo yang sempat kesulitan beradaptasi musim ini, namun kiprah X-Fuera perlahan mulai membaik diseri terakhir MotoGP 2017, Ia pun sempat jadi yang tercepat pada FP2 Valencia.

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia Spanyol
1. Marc Marquez
2. Johann Zarcoter
3. Andrea Iannone
4. Jorge Lorenzo
5. Dani Pedrosa
6. Michele Pirro
7. Valentino Rossi
8. Aleix Espargaro
9. Andrea Dovizioso
10. Alex Rins
11. Pol Espargaro

Pertanyaannya, akankah Lorenzo membantu Dovizioso sang ‘team mate’ di Ducati untuk meraih gelar pertamanya dengan bermain ‘kotor’ terhadap sesama pembalap negaranya yang pernah berjasa ‘memuluskan’ jalan sebagai juara dunia pada tahun 2015 saat bersaing dengan Valentino Rossi?

“Ini bukan tipe saya untuk memanipulasi hasil balap di final MotoGP 2017 dengan memberikan ‘cara lain’ kepada rekan satu timnya, jika Marquez tengah memimpin lomba,” jelas Lorenzo.

“Aku ingin bermain fair disepanjang 30 lap balapan, tapi jika Marc mengalami kendala kerusakan mesin atau terjatuh, maka saya akan membantu (Dovi)” katanya.

Lebih lanjut rider bernomor 99 ini mengatakan bahwa strategi balapan di Valencia yang merupakan basis balap Ia dan Marquez adalah kekuatan yang harus dibangun Andrea ditengah kondisi bahwa dia harus menjadi juara seri terakhir ini.

“Ini sangat sulit baginya, dia (Dovi) harus juara, dan Marc mesti finis diurutan paling atas adalah 12 dan tidaklah mudah kenyatannya seperti itu, tapi lebih mudah jika Marquez tidak bisa melanjutkan lomba karena kerusakan mesin atau terjatuh.” ungkapnya.

Namun Lorenzo juga menambahkan bahwa ia tak ingin jadi “penyebab” Baby Alien tidak bisa meneruskan balapan hingga menyentuh garis finnish, Ia hanya menegaskan ingin memacu motornya digaris depan dan jika Marquez mendapat masalah serta Dovizioso berada dibarisan depan maka ia akan membantunya.