Siaran langsung Gerhana Matahari Total Indonesia – NASA

975 views

Badan antariksa NASA akan menyiarkan siaran langsung gerhana matahari Total 9 maret 2016 yang terjadi di Indonesia, hal ini dikatakan sebagai tontonan langka fenomena alam bagi semua orang-orang di seluruh dunia untuk melihat secara live proses gerhana matahari total terjadi dibelahan bumi asia tenggara.

Bermitra dengan Exploratorium Science Center dari San Francisco, badan ruang antariksa Amerika ini akan mengadakan kegiatan di sekitar wilayah yang terkena gerhana matahari total 9 Maret 2016, hari itu fenomena langka alam terjadi ketika bulan benar-benar akan menutupi matahari secara penuh dan memberikan pemandangan menakjubkan ketika cahaya corona matahari memberikan nuansa keindahan tepat disaat matahari tertutup bulan.

Gerhana Matahari Total Indonesia - NASA

“Jalur totalitas” Gerhana matahari total 9 maret 2016 akan terlihat di Indonesia khususnya sepanjang pulau sumatera, Kalimantan dan Sulawesi dan pulau Mikronesia, sementara gerhana parsial akan terlihat dibagian pulau jawa, bali sumbawa dll, dan juga dilaporkan gerhana matahari sebagian akan menghampiri bagian paling utara Australia, Alaska, Hawaii, Guam, dan Samoa.

Indonesia telah diperkirakan mengalami sekitar 3,5 menit lama waktu gerhana matahari total, yang akan terjadi pada hari rabu 9 maret 2016 pagi waktu setempat kurang lebih dari mulai pukul 6.18 WIB sesuai lintasan gerhana yang telah diprediksi sebelumnya, Karena adanya garis penanggalan internasional, gerhana matahari akan terjadi pada tanggal 8 Maret di Amerika Serikat.

Simak juga: Perbedaan Gerhana Matahari Total, Parsial dan Gerhana Cincin

Liputan TV Nasa tentang gerhana matahari 2016 akan dimulai 8 Maret pada pukul 8 malam, dimana gerhana matahari total akan berlangsung dari jam 8:38-8:42 waktu amerika. Kolaborasi antara NASA dan Exploratorium ini mengirimkan kru liputannya dengan pesawat ke pulau Woleai di Mikronesia, dengan teleskop dan webcast guna menyiarkan secara langsung fenomena gerhana matahari total 2016 untuk disiarkan keseluruh dunia.

Sementara itu insan media sosial pun tak mau ketinggalan, dengan menggunakan hashtag #eclipse2016 para pengguna medsos dan situs jaringan sosial lainnya diseluruh dunia dapat bergabung memberikan kontribusinya seperti berbagi gambar dan foto tentang fenomena alam gerhana matahari total 2016.

Ilmuwan ruang angkasa Nasa, Sarah Jaeggli mengatakan, ketika gerhana matahari total terjadi kita akan melihat sesuatu yang berbeda tentang sinar matahari disaat tertutup sepenuhnya oleh bulan, “Lingkungan tempat dimana terkena gerhana akan terlihat seperti pameran senja, meskipun saat itu siang hari dan langit tidak tertutup awan,”

Gerhana matahari total pertama terjadi pada tahun 1860 menumpahkan cahaya sebagai penampakan langka menakjubkan dan memberikan gambaran kepada para ilmuwan yang didokumentasikan pertama kalinya, bahwa lontaran massa Korona atau ledakan besar gas dan medan magnet dari corona matahari dilepaskan ke angin surya. istilah Coronagraph ini dapat disaksikan pada waktu terjadi gerhana matahri total.

Perhatian Keras! dilarang untuk melihat langsung kearah gerhana matahari total walaupun pada saat itu bulan benar-benar menutupi piringan bulat matahari dan dianggap aman untuk disaksikan, namun kita tidak tahu kapan tepatnya mulai bergeser kembali posisi keduanya yang akan memancarkan radiasi kuat sinar matahari dan akan merusak retina mata anda, jadi hindari melihat langsung matahari tanpa pelindung yang tepat seperti kacamata matahari atau teleskop.

gerhana matahari total 2016

Related Post