Siapakah Zhou Youguang? Ini Jawaban Google Doodle

oleh
Siapakah Zhou Youguang
Zhou Youguang Google Doodle

Omediapc.com – Dikenal sebagai ‘Bapak Pinyin’, Zhou Youguang menghabiskan tiga tahun mengembangkan sistem bahasa romanisasi yang sekarang menjadi standar internasional untuk bahasa China yang lebih disederhanakan.

Pada tahun 1923, Zhou belajar di Universitas St. John, Shanghai. Ia lulus pada tahun 1927, mengambil jurusan ekonomi dan mengambil kursus tambahan dalam bidang linguistik.

Zhou sempat bekerja di bank Sin Hua dimana dia mendapat tugas di luar negeri, New York menjadi tempat pertama kalinya ia ditugaskan dan kemudian ke London.

Kembali ke China, ia mengajar ekonomi di Universitas Fudan di Shanghai dan sejak Reformasi bahasa Tionghoa Pada tahun 1955, pemerintah menempatkan Zhou jadi kepala komite untuk mereformasi bahasa China.

Sistem baru yang dikembangkannya mengubah tingkat melek huruf China, memberikan alur yang lebih alami ke dalam bahasa tertulis, yang membutuhkan penguasaan ribuan karakter. Ini menjembatani beberapa dialek Cina dengan sebutan suara yang sama.

Saat ini, anak-anak sekolah mempelajari bahasa Pinyin sebelum karakter, dan sering digunakan untuk memasukkan karakter pada smartphone dan komputer.

Demi kecintaannya terhadap bahasa sepanjang hidupnya, Youguang menulis lebih dari 40 buku dan menerjemahkan Encyclopedia Britannica ke bahasa China. Lahir pada hari ini (13 Januari)sebagai Zhou Yaoping, ahli bahasa bertingkat ini kemudian mengadopsi nama pena ‘Yougang’ karena dia ingin ‘membawa terang’ kepada dunia.