Siapakah Sophie Taeuber-Arp Pelukis, Penari Dan Desainer Terkenal Itu?

Sophie Taeuber-Arp adalah seorang pelukis, Desainer dan juga penari, Sophie Taeuber-Arp lahir di Swiss (1889-1943) adalah member aktif dari kelompok Zurich Dada, peserta dalam gerakan “International” konstruktivis dan advokat seni concrette dan geometris abstraksi. Dia percaya bahwa penyatuan kelembutan seni dan seni terapan bisa membangun kosakata visual untuk mengiringi teknologi dan dapat membangun komitmen dengan konsep “total karya seni.”

Siapakah Sophie Taeuber-Arp Pelukis, Penari Dan Desainer Terkenal Itu?

Biografi Sophie Taeuber-Arp

Sophie Taeuber-Arp lahir di Davos, Swiss, pada 19 Januari 1889. Dia belajar di sekolah Applied Arts (St. Gallen, Swiss) dari 1908 – 1910 dan di studio eksperimental Wilhelm von Debschits (Munich), sebuah lokakarya zaman Blaue Reiter. Pada tahun 1912 Taeuber menghadiri sekolah seni dan kerajinan (Hamburg) dan pada tahun 1916 terkenal Leban School of Dance (Zurich). Dari 1915 1932 ia milik Werkbund Swiss, sebuah organisasi yang anggotanya percaya bahwa seni terapan dapat digunakan untuk menciptakan ekspresi sesuai usia teknologi, dan pada tahun 1925 ia menjabat sebagai anggota Dewan juri eksposisi Internationale des Arts Décoratifs (Paris).

Sophie Taeuber-Arp

Taeuber-Arp adalah anggota Cercle et kelompok Carré, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk seni non figuratif, dan kelompok abstraksi-penciptaan yang berjaya di tahun 1930 dan 1931-1934. Pada tahun 1934 ia memprotes kebijakan organisasi dan secara resmi mengundurkan diri bersama dengan Jean Hélion, Otto Freundlich, Fernandez, Antoine Pevsner, Naum Gabo, Robert Delauney, Georges Valmier, dan Hans (Jean) Arp. Pada tahun 1937 ia adalah anggota dari kelompok Allianz (Zurich).

Sophie Taeuber-Arp

Taeuber bertemu Arp, yang dinikahinya pada tanggal 20 Oktober 1922, di pameran galeri Tanner (Zurich) pada tahun 1915. Pertemuan awal ini menjadi titik balik bagi mereka berdua untuk berkolaborasi membuat banyak karya-karya hingga menjelang kematiannya pada tahun 1943. Antara tahun 1915 dan 1920 Taeuber menjalani kehidupan ganda. Siang hari dia bekerja sebagai dosen b0rd1r dan tenun di Sekolah Applied Arts (Zurich) da merupakan jabatan yang diembannya sampai  tahun 1929, dan pada malam hari ia ikut dalam “sorées Dada” ia biasanya menyamar untuk menghindari dikenali orang lain agar pekerjaan sebagai dosennya tidak dicabut.

ARP dan Taeuber terlibat dalam banyak even di Zurich. Sophie Taeuber-Arp berperan dibidang tari, performer, penokohan, kostum, dan kolaborasi artistik. Kepeduliannya terhadap totalitas karya seni dibantu oleh anggota Dadaists Zurich lainnya. Taeuber bekerja mendesain puppet (wayang) dan mengatur dekorasi untuk produksi teater Perancis dan Swiss sejak tahun 1916-1929.

Selama periode ini Sophie Taeuber-Arp berkolaborasi dengan Käthe Wulff pada koreografi untuk tari balet “The Merchent” dan koreografer “Noir Kukado” yang menggunakan sistem Leban notasi. Elemen koreografi, kemampuannya Sophie Taeuber-Arp sebagai seorang penari dan latar belakang keahliannya mendesain terus mempengaruhinya dalam kurun dua dimensi

Sophie Taeuber-Arp pada tahun 1920-1926 memasuki masa karir relatif kurang aktif, di mana ia hanya memproduksi desain kostum dan guaches. Taeuber-Arp pergi menuju ke Pompeii tahun 1926 dan pada masa ini berhasil menyelesaikan lukisan mural untuk Paul Horn, seorang arsitek di Strasbourg.

Pada tahun 1928 Taeuber-Arp dan suaminya pindah ke Meudon-Val Fleury, di luar Paris. Rumah mereka dan seisinya merupakan penggabungan dari seni dan utilitarian keprihatinan yang dirancang sendiri oleh Taeuber-Arp. Selama pertengahan 1930-an ia bekerja pada biomorphic geometris yang berkonsentrasi pada relief kayu. Taeuber-Arp dan Arp pindah ke Paris pada tahun 1940 dan menetap di Grasse. Pada 1942 mereka bekerja sama dalam serangkaian litograf bersama Sonia Delaunay dan Alberto Magnelli. Bagi Taeuber-Arp, ini adalah perjalanan terakhir dari serangkaian joint ventures artistik. Dia meninggal di Zurich, pada 13 Desember 1943 (Arp meninggal pada tahun 1966).

Sophie Taeuber-Arp berpartisipasi dalam sejumlah grup pameran selama hidupnya seperti pameran Carré pertama di Galeries 23 (Paris) pada tahun 1930. Acara yang melibatkan wakil-wakil dari berbagai komunitas paling maju di abad modernisme, termasuk Futurisme, Dada, Bauhaus, Jerman abstraksi, Konstruktivisme, kelompok Blok Polandia, Perancis Cubists, Puritan, dan de Stijl. Setelah meninggalnya Sophie Taeuber-Arp banyak pameran diadakan, beberapa di antaranya termasuk karya suaminya Arp Hans (Jean), diselenggarakan di Eropa dan Amerika. Pada tahun 1981, Museum of Modern Art (New York) dibangun sejarah menunjukkan “Sophie Taeuber-Arp” yang melakukan perjalanan ke Museum of Contemporary Art (Chicago), Museum of Fine Arts (Houston), dan Musée d’Art modern (Montreal).

Sophie Taeuber-Arp terkenal karena pekerjaannya sebagai seorang pelukis dan sebagai perintis karya seni bebas. Sampai saat ini, banyak literatur Taeuber-Arp telah diterbitkan di Perancis dan Jerman. Sophie Taeuber-Arp (1970), Katalog/folio dari pameran di Albert Loeb & Krugier Galeri Inc (New York), tersedia dalam bahasa Perancis dan Inggris dan termasuk entries oleh Hans (Jean) Arp, Gabrielle prasmanan-Picabia dan Wassily Kandinskydll…

This Article Was Written By

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment