Siapakah Lola Flores? Biografi Artis Legendaris Spanyol Serba Bisa

514 views

Biografi Lola Flores

Lola Flores lahir di Jerez de la Frontera pada tanggal 21 Januari 1923 berasal dari keluarga sederhana, ibunya seorang penjahit pakaian dan ayahnya adalah pemilik kedai minuman, ia mulai bernyanyi dan menari sejak kecil untuk sekedar mendapatkan uang jajan, belajar di bawah asuhan komposer terkenal copla Quiroga dan mulai meniti karirnya dicafe-cafe.

Pada usia lima belas tahun, Lola Flores bergabung dalam wadah seni bersama seniman lain yang membentuk variety show bernama “Maria Paz” dan pada tahun 1940 ia meyakinkan ayahnya untuk menjual kedai yang dimiliki untuk pindah bersama keluarganya ke Madrid.

Lola Flores

Siapakah Lola Flores? Biografi Artis Legendaris Spanyol Serba Bisa

Pada tahun 1941 Lola Flores untuk pertama kalinya dipasangkan dengan pemain sandiwara remaja flamenco Manolo Caracol, dan kombinasi ini sukses menjadi bintang penari dan penyanyi, La Zambra berhasil melakukan tur disepanjang Arena Matador dan aula konser didalam negri selama lima tahun.

Film pertama Lola Flores adalah “Martingala”, di mana ia menyanyikan lagu copla. Pada saat yang sama ia juga masuk ke Akademi guru terkenal, Quiroga untuk study. Google Doodle hari ini merayakan kelahirannya yang ke 93th

Pada tahun 1951 Lora Flores dikontrak untuk membintangi enam film oleh produser Cesareo Gonzalez, ia menjadi sangat terkenal di seluruh Amerika Selatan, apalagi ia memiliki keterlibatan bersama seniman dan musisi-musisi Latin terkemuka lainnya. Di antara testimonial pers Spanyol yang ternama banyak menulis kepopulerannya, tak hanya itu ia juga dikenal dinegara kawasan amerika latin lainnya seperti Meksiko dan Argentina

Bersama-sama dengan Manolo Caracol, Lola Flores mengambil aliran musik “Zambra” mereka melakukan tur ke seluruh Spanyol antara tahun 1944 dan 1951. Setahun kemudian, dia mengunjungi Amerika Latin untuk pertama kalinya dan berhasil meraih debut suksesnya di Meksiko.

Lola Flores melakukan perjalanan rutin di benua Amerika pada tahun-tahun selanjutnya Ia dikenal sebagai “La Faraona”, dan pada tahun 1955, film ini dirilis. Dia juga dikenal sebagai “Lola de España”. artis legendaris spanyol ini mempunyai julukan atau panggilan populer sekitar 50 nama, di mana dia juga ditafsirkan sebagai rumbas, rancheras, coplas, dan flamenco.

Pada tahun 1987, Lola Flores mendapat masalah “Hacienda” (pajak) dan pada tahun 1991 dia dipenjara terkait pasal penipuan pajak selama 16 bulan, serta mendapat denda 28 juta pesetas karena gagal untuk membuktikan pendapatan sah antara kurun waktu 1982 dan 1985.

Pada tahun 1990, Tico Medina menerbitkan memoarnya dengan judul “A Carne Viva”. Lola Flores yang mempunyai hobi membuat lukisan pernah menyelenggarakan pameran atas karya-karyanya yang diadakan di Spanyol dan Amerika.

Lola Flores menikah dengan gitaris González Antonio, “El Pescailla”, mereka dikaruniai tiga orang anak: Lolita, Antonio dan Rosario. Ketiganya sama-sama menunjukkan bakat seni seperti orang tuanya.

Lola Flores terkenal dengan julukan “La Faraona” meninggal pada tahun 1995 karena penyakit kanker. Pada saat kematiannya, banyak pelayat memadati jalan-jalan dikota Madrid, menunggu peti mati lewat sambil bernyanyi “La Zarzamora”, yang merupakan salah satu lagu favorit di Spanyol, Lola Flores akan selalu diingat karena semangat gipsi yang menjadi daya tarik dirinya didalam berkarir.

siapakah lola flores

Related Post