Siapakah Frankie Manning Dan Hubungannya Dengan Lindy Hop

Tarian Lindy Hop yang populer di Harlem Amerika Serikat tahun 1920-an dan 30-an dan menggugah musik jazz waktu itu banyak menghubungkannya dengan sosok figur terkenal Frankie Manning yang diperingati Google Doodle hari ini sebagai hari ulang tahunnya ke 102

Siapakah Frankie Manning?

Frankie Manning lahir di Jacksonville, Florida, pindah ke kawasan Harlem di usia tiga tahun. Ia diketahui memiliki minat pada seni dansa atau tarian sejak kecil, ia dibesarkan oleh keluarganya di Carolina selatan, ketika ia berlibur mengunjungi keluarganya tersebut.

Siapakah Frankie Manning Dan Hubungannya Dengan Lindy Hop

Ketika beranjak besar, Frankie Manning kembali ke kota New York, dia mulai menghadiri tarian di Ballroom Renaissance, di mana ia bersama ibunya membantu menghiasi ballroom tersebut.

Sebagai penghormatan atas dedikasi Frankie Manning selaku seorang penari dan koreografer tarian populer Lindy Hop, Google doodle hari ini menciptakan dua orang yang sedang menari menggabungkan musik jazz, tap, breakaway dan Charleston.

Biografi Frankie Manning

Manning Lahir pada tanggal 26 Mei 1914 dan meninggal pada April 27, 2009, dianggap sebagai salah satu tokoh penemu/pendiri Lindy Hop dan perayaan Lindy paling terkenal sepanjang masa.

Frankie kecil terkejut ketika melihat ibunya mampu melakukan tarian tradisional seperti waltz, karena ia hanya melihat sang ibu menari dalam gaya yang lebih santai dan sederhana dikalangan keluarga dan teman.

Ia mulai belajar menari untuk menyenangkan hati ibunya yang mencintai seni tari dan memutuskan untuk bergabung di kelompok Kat bergengsi di Savoy tahun 1930-an.

Manning kemudian memulai sebuah grup tari yang disebut “Whitey’s Lindy Hoppers”, dengankelompok tarinya ini ia berkeliling secara intensif dan membuat beberapa film. Ia juga berduet menari bersama Norma Miller, yang dikenal sebagai Queen of swings

Frankie Manning meninggal di kota Manhattan pada tanggal 27 April 2009, dalam usia 94 tahun

Apa yang dimaksud dengan Lindy Hop?

Jika Anda melihat ke jaman era tarian tahun 20-an dan 30-an Anda mungkin pernah mendengar tarian Lindy Hop. Jenis tarian ini dipopulerkan pada jaman “swings” dan merupakan perpaduan antara banyak tarian, termasuk jazz, Tap, breakaway dan Charleston.

Tarian lindy hop bisa terjadi secara liar dan spontan, dengan tendangan kaki kesana kemari dibarengi gerakan tubuh, tarian ini biasanya dilakukan bermitra. Hal ini untuk menarik perhatian orang orang untuk menonton terutama dikalangan masyarakat Afrika-Amerika di Harlem di tahun 1930-an.

Pada tahun 1927, Charles Lindbergh menjadi orang pertama yang terbang dari New York ke Paris dan orang yang diplesetkan namanya menjadi “Hop” ketika melintasi Atlantik. Ia kemudian jadi seorang superstar terkenal yang namanya dikenal luas karena pengalamanya tersebut.

 

Frankie Manning Duta besar Lindy Hop

Meskipun ia tidak masuk kedalam nama tarian Lindy Hop namun Frankie Manning dikenal sebagai Duta besar Lindy Hop karena ia membantu membuat tarian ini menjadi populer dan menyebar karena kepiawaiannya

Ia lalu menjadi seorang pengajar dan koreografer dansa, memperkenalkan gerakan yang modis di seluruh kawasan Amerika. Frankie Manning mengembangkan sendiri gaya Lindy Hop dengan melompat dan inovasi gerakan tarian lainnya.

This Article Was Written By Dan Andry

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment