Siapa Fridtjof Nansen Tokoh Doodle Hari Ini

oleh
Siapa Fridtjof Nansen Tokoh Doodle Hari Ini
Fridtjof Nansen
Siapa Fridtjof Nansen Tokoh Doodle Hari Ini
Fridtjof Nansen

OmediaPc. Hari ini beranda Doodle menayangkan Petualang legendaris Fridtjof Nansen, siapakah dia? ia adalah seorang Norwegia perintis yang menjelajahi wilayah yang belum dikenal di dunia dan sebagai tokoh yang berperan dalam masalah kemanusiaan internasional.

Nansen Lahir di Oslo, Norwegia pada tahun 1861, sejak usia muda memiliki jiwa petualangan. Ia belajar bermain ski lintas alam sebanyak 50 mil dalam satu hari dengan membawa persediaan terbatas.

Atas kecintaanya pada alam dia memutuskan belajar zoologi di Royal Frederick University, meskipun dalam hal study ia termasuk seorang akademisi terbaik di bidangnya,namun nalurinya memanggil Nansen untuk kembali bermain ski lagi.

Pada tahun 1888, dia menjadi orang pertama yang memimpin sebuah ekspedisi melintasi daratan Greenland yang tertutup salju. Beberapa tahun kemudian, Nansen berusaha menjadi orang pertama yang mencapai Kutub Utara. Sementara ekspedisi itu tidak sukses namun ia berhasil mencapai garis lintang paling utara dari penjelajah pada saat itu.

Seiring Perang Dunia I berlangsung pada tahun 1914, Nansen terpaksa menghentikan penjelajahannya dan fokus pada penelitian di rumah. Namun, pada 1920, ketertarikannya beralih dari pemahaman bentang alam untuk mempengaruhi iklim politik internasional saat perang tersebut berakhir.

Nansen menjadi salah satu humanitarian terbesar dunia saat ia bekerja untuk membebaskan ratusan ribu tawanan perang dan memulangkan para pengungsi. Dia menciptakan Paspor Nansen, sebuah dokumen perjalanan untuk pengungsi tanpa kewarganegaraan yang diakui oleh 52 pemerintah di seluruh dunia dan mengizinkan orang-orang yang mengungsi untuk pindah dan bermukim kembali.

Fridtjof Nansen memulai karirnya dengan menghancurkan batas-batas eksplorasi manusia dan membawa keberanian dan keuletan yang sama untuk perjuangannya untuk mendukung pengungsi. Atas jasanya tersebut Nansen dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1922 karena karyanya membantu mereka yang tidak memiliki suara dan mencari suaka.