Setting Periscope – Cara Menggunakan Aplikasi Periscope Di Android

1865 views

Sejarah perjalanan aplikasi Periscope: Setelah dirilis pada iOS pada bulan Maret lalu, sekarang aplikasi periscope telah tersedia untuk pengguna Android. aplikasi ini dimiliki oleh media sosial Twitter, Periskop adalah aplikasi broadcast yang memungkinkan pengguna untuk menonton atau membuat video pada smartphone android sendiri dan dapat disaksikan secara real time oleh orang lain, fitur broadcast atau siaran langsung dari aplikasi periscope ini secara detil bisa dilihat di post aplikasi periscope untuk streaming video android disini kita akan membahas setting periscope – cara menggunakan aplikasi periscope di android

Cara Menggunakan Aplikasi Periscope

Cara menggunakan Periscope di Android

  • Instal aplikasi periscope

proses instalasi sangat mudah, karena aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play. Cukup buka aplikasi Store, cari Periscope kemudian tekan Install. Anda akan disajikan dengan daftar panjang tentang izin aplikasi yang membutuhkan persetujuan ijin akses ke kamera, mikrofon, dan lokasi layanan. kita harus menyetujui dan menerima semua lisenci agreemen aplikasi ini agar periscope bisa di instal dan dijalankan pada smartphone android anda.

  • Menyiapkan akun Anda

Periscope adalah aplikasi Twitter jadi Anda harus memiliki akun Twitter untuk menggunakannya. Ok kita anggap anda sudah mempunyai akun twitter, bagi yang belum punya silahkan registrasi dulu, lanjut… Tekan Login pada tombol Twitter untuk memulai, kemudian masukkan rincian akun twitter anda. Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi Android ini bahwa kita boleh memiliki lebih dari satu alternatif akun jadi kita dapat menggunakan lebih dari satu account untuk menggunakan aplikasi periscope. Untuk mengatur akun yang berbeda tekan pada tampilan di bagian atas layar dan kemudian tekan tombol Add Account. sampai disini kita dapat beralih akun berbeda kapanpun kita inginkan.

Cara settingi Periscope Di Android

Setelah otorisasi ID Twitter selesai, Anda diharuskan untuk membuat username atau nama pengguna untuk akun Periscope. pada tahap ini akan ditampilkan daftar orang yang Anda follow, data ini diambil dari daftar kontak yang sudah Anda follow di Twitter.

Cara menggunakan Periscope di Android: Menggunakan interface / antarmuka periscope
Layar utama Periscope terdapat pilihan untuk scroll video, kita bisa langsung menekan tap untuk menonton. Pilih salah satunya dan Andapun akan dibawa ke video yang disiarkan secara langsung. Di sudut kiri bawah akan terlihat daftar gulir komentar. Untuk menambahkan komentar anda sendiri cukup tekan “Say something” atau “Katakanlah sesuatu” dan di area layar pesan Anda akan disampaikan secara real time kepada broadcaster/penayang video. kita bisa mengajukan pertanyaan atau mengomentari video yang ditayangkan kepada penayang berkaitan dengan tema video tersebut.

Disudut kanan bawah layar, akan terlihat aliran hati bergulir ke atas. Ini dihasilkan oleh pengguna dengan cara menekan layar. pada aplikasi Periscope Anda dapat menghasilkan aliran hati atau stream of hearts setiap kali menyentuh layar. Hal ini memungkinkan terjadi sebagai umpan balik atau respon penonton secara real-time untuk disampaikan kepada penayang video, mirip dengan sorak sorai atau tepuk tangan dari penonton. Dengan umpan balik ini si broadcaster dapat menilai apakah jenis tontonan video tersebut menarik minat penonton atau tidak, kita juga dapat melihat statistik jumlah orang saat menonton dengan melihat pada aliran yang ditampilkan di sudut kanan bawah.

kembali ke layar utama. Anda akan melihat ada tiga ikon utama di bagian atas yaitu TV, dunia dan people/orang. Pilihan TV menunjukkan daftar teman-teman Anda yang sedang menyiarkan video, dunia adalah ikon default yang muncul ketika pertama kali menjalankan aplikasi periscope yang menunjukkan semua aliran terbaru dari seluruh dunia, dan ikon People/orang adalah daftar pengguna populer yang bisa Anda ikuti dengan menekan ikon tambah dari sisi kanan.

Salah satu ikon lainnya tetap berada di sisi kanan yaitu kelompok orang dalam lingkaran anda. Tekan ini untuk melihat profil Anda sendiri, berapa banyak pengikut yang Anda miliki dan scroll lagi kebagian bawah disana ada pilihan pengaturan. Di sini kita akan menemukan kontrol notifikasi yang memberitahu jika ada teman-teman Anda mulai penyiaran video. Salah satu pilihan penting untuk diingat adalah adanya kontrol Autosave Broadcast yang memastikan semua yang Anda buat juga akan disimpan dalam kamera roll, sehingga kita tidak akan kehilangan data ketika server Periscope menghapusnya setelah 24 jam.

cara Menggunakan Periscope

Cara menggunakan aplikasi Periscope di Android: Membuat siaran video Anda sendiri.
Kembali ke salah satu ikon global atau TV, Anda akan melihat ikon kamera merah di sudut kanan bawah layar. Ini adalah tombol untuk merekam video sebagai cara untuk memulai siaran broadcast. Sebelum dimulai, harus diingat bahwa konten video menggunakan banyak data. Jadi sebaiknya untuk menghemat penggunaan bandwith internet, anda harus menggunakan hotspot Wi-Fi agar cepat dan stabil dalam penyiaran video periscope.

Langkah selanjutnya ketika ingin menyiarkan video sendiri adalah kita harus memberikan judul pada siaran video sehingga orang akan tahu jenis video yang disiarkan. Kemudian Anda dapat memilih apakah akan membuatnya secara publik atau private, opsi ini bisa dilihat dengan menekan pada pilihan di pojok kiri atas. opsi publik adalah video anda bisa dinikmati oleh semua atau umum sedangkan apabila di setting private berarti hanya terbatas untuk daftar orang-orang dari kontak yang Anda pilih. selanjutnya dibawah baris judul, kita akan melihat tiga ikon lain yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan cara ditekan. Yang pertama adalah lokasi (orang akan melihat di mana Anda berada), menekan yang berikutnya berarti hanya pengguna yang mengikuti Anda saja yang dapat mengomentari siaran video dan opsi terakhir adalah pilihan untuk menayangkan rincian siaran yang diposting di Twitter. Bila Anda selesai melakukan pengaturan ini tekan start untuk memulai Broadcast.

Setelah kita selesai melakukan broadcast video di android melalui periscope, Anda akan melihat informasi tentang video tersebut yang meliputi durasi, pemirsa atau penonton dll, juga terdapat opsi sembunyikan obrolan, dan opsi hapus broadcast untuk menghilangkan video seluruhnya, jika kita kembali ke ikon TV akan terlihat video Anda telah terdaftar sebelum terhapus otomatis dari server periscope selama kurun waktu 24jam, tetapi periscope juga memberikan pilihan kepada pengguna untuk dapat menyimpan file broadcast video lebih lama agar bisa dilihat lagi dan berbagi dengan teman anda…. moga bermanfaat

Menggunakan Aplikasi Periscope

Related Post