Serangan Bom Mobil Menghantam Bis Militer Turki 13 Tewas

Serangan Bom Mobil Menghantam Bis Militer Turki 13 Tewas

Omediapc.com – Turki, Sebuah serangan bom mobil menghantam bis yang membawa personil militer Turki dan menewaskan 13 tentara serta melukai 55 lainnya di pusat kota Turki Kayseri, atas kejadian ini Presiden Erdogan bereaksi dengan menyalahkan pada gerilyawan Kurdi.

Ledakan bom terjadi seminggu setelah serangan bom kembar mematikan menyerang polisi di Istanbul, serangan bertubi tubi ini telah memicu kemarahan publik Turki, beberapa insiden diklaim oleh gerilyawan Kurdi dan IS.

Kekerasan di Turki juga cenderung meningkatkan ketegangan terutama wilayah Kurdi tenggara, di mana militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) telah melancarkan pemberontakan disertai kekerasan dan menjadi beberapa pertempuran terburuk dalam setahun terakhir.

“Pola dan motif dari serangan jelas menunjukkan tujuan dari organisasi teroris separatis adalah untuk menghambat perjalanan Turki, memotong kekuatan dan memfokuskan energi dan kekuatan di tempat lain,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan.

“Kita tahu bahwa serangan ini tidak independen dan merupakan imbas dari perkembangan di wilayah kami, terutama di Irak dan Suriah.” Erdogan sering mengacu pada PKK sebagai “organisasi teroris separatis”.

PKK, yang menginginkan otonomi bagi minoritas Kurdi, dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa dan Turki.

Turki adalah anggota NATO dan bagian dari koalisi AS yang memerangi ISIS, namun disisi lain Turki juga marah dengan dukungan Washington terhadap pejuang Kurdi Suriah yang memerangi ISIS.

Ankara melihat milisi yang didukung Washington adalah sebagai perpanjangan dari PKK dan mengkhawatirkan kemajuan dari pejuang Kurdi di perbatasan di Suriah dan Irak bisa mengobarkan militan Kurdi di wilayah Turki.