Sembelit Selama Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

569 views

Sembelit saat Hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon dan fisik pada ibu hamil, dan merupakan gejala gejala yang muncul selama fase atau periode wanita hamil, namun gejala ini tidaklah sama terjadi waktunya pada setiap ibu hamil. Tetapi faktaya memang sembelit pada ibu hamil adalah salah satu gejala yang paling umum terjadi selama kehamilan.

Sembelit selama kehamilan merupakan salah satu tanda-tanda awal yang terjadi selama trimester pertama kehamilan, yaitu pada periode ibu hamil memasuki minggu pertama kehamilan.
Cara mengatasi dan mengobati sembelit saat hamil

Mengapa terjadi sembelit pada ibu hamil?

Selama kehamilan, ibu hamil mengalami masalah tertentu dan harus masuk keluar kamar mandi. Gejala ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron dalam tubuh wanita hamil yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat.

Selain itu, pertumbuhan progresif usus menyebabkan rahim akan menjadi lebih banyak mendapat tekanan oleh karena itu dapat menyebabkan sembelit yang membuat ibu hamil harus terus berurusn ke kamar mandi

Para ahli mengatakan bahwa lebih dari 50% dari wanita hamil menderita sembelit ketika mereka memasuki periode tertentu kehamilannya.

Sembelit Saat hamil Dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi dan mengobati sembelit selama kehamilan adalah melakukan beberapa tips dibawah ini sebagai cara untuk meringankan gejala-gejala normal ibu hamil, antara lain:

  • Menambah makanan kaya serat sebagai menu makanan harian Anda
  • Minum setidaknya 8 gelas air sehari-hari
  • Meningkatkan asupan buah dan sayuran
  • Melakukan latihan prenatal dengan persetujuan dokter ahli
  • Mengkonsumsi suplemen yang direkomendasikan oleh dokter dan penyedia layanan kesehatan agar sesuai dengan kondisi kesehatan kandungan ibu dan bayi
  • Mengurangi porsi makan besar dalam arti ibu hamil membagi porsi makan sehari hari menjadi lebih sering dengan porsi lebih sedikit.

Itulah beberapa tips untuk mengobati Sembelit Saat hamil Dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat dan silahkanshare agar diketahui ibu hamil lainnya yang membutuhkan

Sembelit saat Hamil

Berita Lainnya