Sejarah Taman Nasional Bunaken Diperingati Google

oleh
Taman Nasional Bunaken Diperingati Google
Taman Nasional Bunaken Diperingati Google

Sejarah Wisata Taman Nasional Bunaken dengan keindahan taman lautnya ditemukan pada tahun 1975 dan mulai dikukuhkan sebagai wiayah eksotik perairan Indonesia sejak tahun 1991, dan dijadikan sebuah objek wisata andalan Sulawesi Utara.

Kendati demikian wilayah Bunaken telah dihuni oleh penduduk semenjak tahun 1400, dan penduduk yang pertama kali menghuni tempat ini merupakan imigran dari kerajaan Bowontehu ( Manado Tua ) serta wilayah yang ditempati meliputi pulau Bunaken, Mantehage, Siladen, Naen, Talise, pulau Bangka, Gangga dan wilayah pesisir utara semenanjung Minahasa.

Pada tahun 1850 an, masyarakat yang menduduki Tanjung Parigi berpindah ke Arah Tenggara yang letaknya ditepi pantai dan tepat berhadapan dengan Kota Manado. kemudian masyarakat tersebut mendirikan sebuah negeri yang oleh mereka diberi nama “Wunakeng” yang merupakan singkatan dari nama “Kinawungakeng”.

Kinawunakeng sendiri mempunyai arti tempat tinggal. Kemudian pada perkembangannya, kata” Wunakeng ” lalu berganti nama menjadi Bunaken yang merupakan singkatan dari “Pamunakeng” yang mempunyai arti tempat mendarat dari sebuah perahu.

Taman Nasional Bunaken ditemukan oleh sekolompok penyelam dari Kota Manado yang mencoba melakukan kegiatan ekspedisi penyelaman di tempat ini pada tahun 1975. Dan pada saat mereka melakukan kegiatan penyelaman, nelayan setempat memperingatkan kepada para penyelam tersebut bahwa tempat yang mereka selami banyak terdapat roh jahat,

Baca: Taman Nasional Bunaken Wisata Keindahan Laut Kaya Ekosistem

Setelah mereka menyusuri tempat dibawah air laut Bunaken, penyelam – penyelam tadi menemukan tumbuhan laut di dinding karang masih murni dan dipenuhi ikan – ikan langka, yang membuat mereka terkagum – kagum melihat pemandangan yang sangat fantastis tersebut.

semenjak itulah Bunaken menjadi tempat wisata yang sangat mempesona di Sulawesi Utara. kemudian pada tahun 1991 tempat ini menjadi salah satu Taman Nasional di Indonesia dan pada tahun 2005 Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu situs warisan dunia setelah didaftarkan ke UNIESCO.

Pemerintah Indonesia pada tahun 1991, memberikan perlindungan terhadap 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang terletak di Taman Nasional Bunaken. Terletak di sebelah utara pulau Sulawesi, Taman Nasional Bunaken adalah tempat di mana penyu sisik Hawksbill berada di terumbu karang di tengah aneka ragam pohon damselfish, clownfish, angelfish, dan sejumlah penghuni laut yang mempesona.