Sejarah Pi Day Yang Diperingati 14 Maret

oleh
Pi Dat
Sejarah Pi Day Yang Diperingati 14 Maret

Omediapc.com – Pi Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Maret (3,14), Pi Day didedikasikan untuk konstanta matematika, Pi. Pertama kali diakui 30 tahun yang lalu pada tahun 1988 oleh fisikawan Larry Shaw, pengamat Pi Day sering merayakannya dengan sepotong kue favorit mereka untuk menghormati nama yang terdengar lezat.

Dicatat oleh huruf Yunani “π”, pi mewakili rasio antara keliling lingkaran (perimeter) dengan diameternya (jarak dari sisi ke sisi yang melewati pusat), dan merupakan elemen fundamental dari banyak bidang matematika, Geometri paling signifikan.

Pi telah dihitung menjadi lebih dari satu triliun digit di luar titik desimalnya. Sebagai nomor irasional dan transendental, ia akan terus berlanjut tanpa pengulangan atau pola. Meskipun hanya beberapa digit yang dibutuhkan untuk perhitungan tipikal, sifat Pi yang tak terbatas menjadikannya tantangan yang menyenangkan untuk dihafal, dan untuk menghitung lebih banyak digit secara komputasi.

Meskipun matematikawan modern telah menghitung lebih dari satu tempat desimal TRILLIUN di luar standar “3,14,” pi adalah bilangan irasional yang berlanjut sampai tak terhingga! Ini adalah unsur penting dalam formula untuk area lingkaran, A = πr².

Google Doodle hari ini menampilkan Pie yang dipanggang oleh koki pastry pemenang penghargaan dan pencipta Cronut® Dominique Ansel – untuk memberi penghormatan kepada konstanta matematika yang menyeluruh ini dengan mewakili formula pi (lingkar dibagi dengan diameter) menggunakan animasi khas Doodle.