Sejarah Olimpiade Modern Pertama Lomba Olahraga Dunia

2759 views

Sejarah Olimpiade Modern Pertama dilaksanakan pada tanggal 6 April 1896, Olimpiade adalah tradisi lama berasal dari zaman Yunani kuno, tradisi lomba ini diadakan kembali di Athena setelah 1.500 tahun dilarang oleh Kaisar Roman Theodosius I. Pada pembukaan Olimpiade Athena pertama, raja Georgios I dari Yunani dan sebanyak 60.000 penonton menyambut atlet dari 13 negara untuk berlomba dalam ajang olahraga olimpiade internasional.

Sejarah Olimpiade Modern Pertama

Sejarah Olimpiade Kuno

Sejarah Olimpiade kuno tercatat pertama kali diadakan di Olympia negara Yunani kota bagian Elis, Olimpiade kuno diselenggarakan setiap empat tahun, yaitu berkenaan dengan perayaan keagamaan untuk menghormati dewa Yunani Zeus. Dalam kurun delapan abad para peserta datang dari berbagai kota-kota Yunani, menyusul kemudian diikuti sebanyak 100 kota asal kontestan dari seluruh kerajaan Yunani.

Pada awalnya kompetisi Olimpiade terbatas pada lomba lari (foot race), namun kemudian sejumlah even olahraga lain ditambahkan termasuk gulat, tinju, balapan kuda dan balap kereta kuda serta kompetisi dibidang militer.

Pentathlon, diperkenalkan sebagai olhraga olimpiade selanjutnya yang terdiri dari lomba lari, lompat tinggi, lempar cakram, lempar lembing dan gulat. Dengan munculnya dinasti Roma, Olimpiade mengalami kemunduran, dan pada tahun 393 Kaisar Roman Theodosius I, menghapuskan permainan/olahraga sebagai bagian dari upayanya untuk menindas paganisme di Kekaisaran Romawi.

Sejarah Olimpiade Modern Pertama Lomba Olahraga Dunia

Sejarah Olimpiade Modern Pertama Lomba Olahraga Dunia

Zaman Renaissance, Eropa mulai terpengaruhi oleh budaya lama Yunani kuno, pada abad 18 dan 19, beberapa negara menyelenggarakan even olahraga informal dan Festival olahraga yang bertuliskan nama “Olympic Games.” puncaknya ditahun 1892 Baron muda Perancis bernama Pierre de Coubertin secara serius mengusulkan untuk menghidupkan kembali Olimpiade sebagai sebuah kompetisi internasional berskala besar yang akan diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Pada konferensi olahraga internasional di Paris pada bulan Juni tahun 1894, Coubertin memunculkan gagasannya membentuk olimpiade dunia, hal ini lalu didukung oleh 79 orang delegasi dari sembilan negara dengan suara bulat menyetujui proposal tersebut. Kemudian Komite Olimpiade Internasional (IOC) dibentuk, dan penyelenggaraan olahraga olimpiade pertama direncanakan dibuka di Athena ibukota Yunani pada tahun 1896.

Olimpiade Athena adalah tempat pertama diselenggarakan pesta olahraga olimpic yang diikuti 280 peserta dari 13 negara dan berkompetisi di 43 cabang olahraga, meliputi trek balap dan lapangan lomba, berenang, senam, bersepeda, gulat, angkat besi, anggar, menembak dan tenis.

Semua peserta lomba olimpiade pertama terdiri dari laki-laki, dan beberapa pendatang yang merupakan wisatawan diizinkan untuk mendaftar jadi peserta lomba. Trek dan lomba lapangan diadakan di Stadion Panathenaic, yang awalnya dibangun ditahun 330 SM kemudian diperbaiki untuk mengadakan olipiade 1896. Negara Amerika memenangkan sembilan kejuaraan dari 12 perlombaan.

Sejarah Olimpiade Modern 1896 juga meperkenalkan lomba lari maraton untuk pertama kalinya yang menempuh rute 25 mil diikuti oleh seorang prajurit Yunani yang memperoleh kemenangan atas orang Persia, pemenang atau juara maraton pertama kali Olimpiade Athena 1896 ini bernama Louis Spyridon, tetapi tahun 1924, standar maraton kemudian memberlakukan jarak tempuh menjadi 26 miles dan 385 Yard.

Pierre de Coubertin menjadi Presiden Olimpiade Modern pertama pada tahun 1896 yang memimpin Olimpiade dan harus melewati tahun tahun yang sulit, ketika itu olahraga tidak memiliki banyak dukungan dan dibayangi oleh pameran dunia.

Pada tahun 1924, Olimpiade pertama diadakan di Paris dan benar-benar berhasil diselenggarakan, pesta olahraga dunia modern ini melibatkan lebih dari 3.000 atlet, termasuk lebih dari 100 peserta perempuan berasal dari 44 negara. Olimpiade Musim dingin pertama kali juga diadakan ditahun 1924.

Pada tahun 1925 Coubertin pensiun. Olimpiade telah mendapat apresiasi dan dianggap sebagai kompetisi olahraga internasional paling terkenal dan bersejarah. Olimpiade 2000 di Sydney diikuti lebih dari 10.000 atlet dari 200 negara yang turut serta berkompetisi, termasuk hampir 4.000 perempuan. Pada tahun 2004 Olimpiade Musim panas kembali berlangsung di Athena, lebih dari 11.000 atlet bersaing berasal dari 202 negara.

Sejarah Olimpiade kuno Sejarah Olimpiade Modern Pertama

Berita Lainnya