Sejarah Motor Vespa Pertama Kali Dibuat Di Dunia

Sejarah Motor Vespa Pertama Kalinya dibuat, Setahun sebelum kelahiran perusahaan mobil ferrari yang berlambang kuda jingkrak diciptakan dinegara asalnya Italia, sebuah ikon otomotif telah terlebih dahulu hadir diperkenalkan secara diam diam namun menurut laporan saat itu debutnya dianggap kurang menguntungkan.

Arti dan makna Vespa yang berarti “tawon”, dibuat untuk menjadi salah satu alat mekanik yang memberi inspirasi serta memiliki performa ramping, gesit dan sangat efisien.

Perusahaan induknya vespa, Piaggio, didirikan di Sestri Ponente pada tahun 1884, awalnya hanya memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api sebelum kemudian dikonversi membuat pesawat udara selama Perang Dunia I.

Sejarah Motor Vespa Pertama Kali Dibuat Di Dunia

Pada akhir masa Perang Dunia II banyak pabrik pabrik menjadi menganggur, hal ini lalu melahirkan ide untuk menciptakan motor Vespa dengan tujuan ganda yaitu sebagai alat transportasi murah dan agar pekerja tetap bekerja sehingga mesin mesin pabrik tetap bergerak.

Sejarah motor vespa pertama kalinya dibuat jauh dari kesan unik dan menarik jika dilihat dalam inkarnasi aslinya, namun sejalan dengan waktu fungsinya sebagai alat transportasi kemudian menjadi ikon antik dan unik bagi pemiliknya.

Bagi pengguna vespa semakin tua model motornya maka semakin antik dan menarik untuk dimiliki, tak heran dihari perayaan ulang tahun ke-70 nya, Vespa telah menjadi kebanggaan dan gaya hidup.

Model Vespa pertama kalinya dibuat

Motor Vespa 98cc adalah model asli perusahaan yang mulai dirilis pada tahun 1946. Kata Italia “sprezzatura” berarti belajar cuek dengan mesin namun elegan yang diharapkan benar-benar bisa menyampaikan.

Motor Vespa hadir untuk memenuhi syarat kebutuhan pada segala aktifitas penting, terlebih setelah tahun 1953 ketika film William Wyler “Roman Holiday” mempopulerkan vespa menjadi sebuah sensasi tersendiri.

Perusahaan Piaggio dengan cepat memanfaatkan momentum teknologi mesin saat itu untuk mengubah persepsi motor menjadi sebuah ikon lifestyle, menyenangkan dan secara implisit dapat membangkitkan kebutuhan akan sarana transportasi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Desain motor vespa kemudian mengalami perkembangan sesuai waktu rilisnya selama bertahun-tahun.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Vespa ke-70, perusahaan ini telah merilis Vespa baru Settantesimo edisi terbatas Primavera 50, Primavera 150, dan GTS 300 model lama berpenampilan retro.

Selain itu, Vespa akan merayakan hari Vespa Dunia di St. Tropez pada bulan Juni ini, yang diharapkan menarik lebih dari 10.000 orang penggemar motor vespa yang dikenal sebagai “Vespisti.” sebagai peringatan sejarah motor vespa didunia