Sejarah Hari Anak Nasional dan Children’s Day Internasional

oleh
Sejarah Hari Anak Nasional dan Children's Day Internasional
Hari Anak Nasional, Model Bhumi & Kanaya

Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, sedangkan Hari Anak Internasional atau sedunia diperingati setiap tanggal 20 November namun dibeberapa negara lainnya, Children’s Day dirayakan pada tanggal berbeda, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Sejarah Hari Anak-anak Internasional 1 Juni bermula saat November 1949 diadakannya pertemuan dewan Federasi Demokratik Perempuan Internasional yang diadakan di Moskow. Cina dan negara-negara lain serta perwakilan negara-negara memaparkan reaksioner imperialis membunuh dan meracuni anak-anak.

Untuk melindungi hak anak-anak dunia bertahan hidup dan mendapatkan kesehatan yang layak serta pendidikan, dan juga untuk meningkatkan kehidupan anak-anak maka pertemuan tersebut diputuskan sebagai Hari Anak Internasional yang diperingati setiap 1 Juni.

Dari situlah kemudian Children’s Day atau Hari Anak Internasional (ICD) dirayakan di banyak negara, biasanya (tetapi tidak selalu) pada 1 Juni setiap tahun.

ICD berasal dari Konferensi Dunia untuk Kesejahteraan Anak-anak di Jenewa, Swiss pada tahun 1925. Tidak jelas mengapa 1 Juni dipilih sebagai ICD, satu teori mengatakan bahwa Konsul Jenderal Tiongkok di San Francisco ( USA) mengumpulkan sejumlah anak yatim dari Cina untuk merayakan Festival Perahu Naga pada tahun 1925, yang terjadi pada tanggal 1 Juni kala itu, dan juga bertepatan dengan konferensi di Jenewa.

Tanggal 1 Juni, sejak saat itu telah ditentukan sebagai Children’s Day atau Hari Anak oleh banyak negara terutama oleh negara-negara Komunis, tetapi di dunia Barat ICD biasanya dirayakan pada hari yang berbeda dan oleh karena adanya perbedaan ini maka tidak sedikit orang mnyangka bahwa sejarah Hari Anak ditentukan/ditemukan oleh Komunis. Meskipun demikian, dalam beberapa tahun terakhir bahkan beberapa kelompok di Amerika Serikat mulai mengamati Children’s Day pada 1 Juni.