Sebab Terjadinya Equinox Bulan Maret Dan September

Apakah Equinox itu? tak banyak yang tahu bahwa equinox adalah merupakan kejadian alam biasa namun ketika mencuat ke media internet fenomena ini menjadi viral dan menjadi trending dan tak sedikit yang menganggapnya berbahaya bagi kesehatan manusia, padahal kita selama ini menjalani 2 kejadian ekuinox setiap tahunnya.

Ada dua ekuinox setiap tahun dan menjadi siklus perulangan yang terjadi pada bulan Maret dan September, ekuinox sendiri merupakan kejadian alam ketika posisi matahari bersinar tepat di garis khatulistiwa dan menyebabkan kurun waktu panjang siang dan malam menjadi hampir sama yaitu persis mendekati 12jam.

Sebab Terjadinya Equinox Bulan Maret Dan September

Sebab Terjadinya Equinox Bulan Maret Dan September

Equinoks bulan maret ditandai saat matahari melintasi garis khatulistiwa celestial di langit yang melintasi bumi dari Selatan ke utara. Peristiwa equinox ini terjadi pada tanggal 19, 20 maret dan puncaknya menurut pakar ahli BMKG di tanggal 21 maret dan hari sesudahnya terjadi setiap tahun.

Equinox Maret dikenal juga sebagai ekuinoks musim semi di belahan bumi utara dan ekuinoks musim gugur di belahan bumi selatan.

Mengapa kejadian alam ini disebut Equinox?

Saat terjadi ekuinox waktu siang dan malam memiliki waktu hampir persis sama panjang yaitu 12 jam diseluruh dunia. Inilah alasannya mengapa disebut equinox, kata tersebut berasal dari bahasa Latin yang artinya “malam equal” atau malam yang sama, namun pada kenyataannya ekuinox sendiri tidak memiliki waktu persis 12 jam disiang harinya.

Efek Dari Equinox

Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan manusia dan alam sekitarnya, tapi equinox juga memberikan dampak peningkatan suhu permukaan bumi namun tidak sampai mengalami peningkatan drastis hanya terjadi dikisaran 1 Cc, misalnya equinox dikota jakarta yang biasanya bersuhu 33 Cc disiang hari akan mengalami naik sampai 34 Cc begitu pula dengan waktu malamnya, jadi kita tidak perlu khawatir dengan kejadian equinox, yang perlu dilakukan adalah minum air lebih banyak agar terhindar dari dehidrasi dan menghindari berada ditempat terbuka agar tidak teralu terkena sinar matahari yang menyengat

Mengapa terjadi equinox?

Sebab Terjadinya Ekuinox Bulan Maret Dan September, Sehubungan dengan ekliptika, paksi bumi selalu miring pada kisaran sudut 23.4° yaitu orbit yang dilalui bumi ketika berotasi mengelilingi matahari. Dihari hari biasanya belahan bumi selatan dan belahan utara sedikit miring terhadap matahari akan tetapi saat terjadi dua equinox pada bulan maret dan september, kemiringan sumbu bumi menjadi tegak lurus terhadap sinar matahari.

Sejarah Equinox

Kejadian equinox telah diketahui sejak lama dan menjadi sejarah dunia, salah satu bukti sejarah ditemukannya ekuinox kuno jaman dahulu dan paling terkenal yakni equinox musim semi yang dilakukan oleh bangsa maya dengan mengadakan perayaan upacara korban Maya, hal ini dilakukan di piramida utama Chichen Itza, Meksiko.

Piramida utama yang dikenal sebagai El Castillo ini memiliki empat jalan tangga dari atas ke bawah terletak didalam Piramida wajah, lokasi ini terkenal sebagai lokasi pengorbanan berdarah dan manusia dijadikan korban perayaannya. Tangga-tangga yang dibangun di sudut piramida dibuat secara detil sehingga menyerupai seperti ular besar jelmaan sinar matahari yang menuruni tangga pada hari equinox.

Pengetahuan tentang equinox dan solstis juga penting dalam mengembangkan kalender penanggalan, dalam hal ini bangsa suku Maya sangat menguasainya namun kalender Maya tersebut berakhir tepat di bulan Desember 2012 dan menjadi isu santer terjadinya kiamat dan ternyata hoax.

This Article Was Written By Dan Andry

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment