Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Sejarah Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang Masa, Gema olimpiade Rio 2016 begitu ramai terdengar, media eletronik televisi dan media internet banyak menayangkan dan membahas acara olahraga paling populer didunia ini.

Tahukah anda, Olimpiade berapa tahun sekali diselenggarakan? Olimpiade modern mulai dipentaskan sejak tahun 1896 hingga kini dirayakan setiap empat tahun sekali dan biasanya tempat penyelenggaraan olimpic atau tuan rumah penyelenggara berbeda-beda setiap kali even olahraga dunia ini berlangsung.

Baca Juga: Sejarah Olimpiade Modern Pertama Lomba Olahraga Dunia

Kembali pada topik, setiap kali olimpiade dimainkan tak jarang menorehkan prestasi gemilang yang mampu memecahkan rekor olimpiade oleh peserta yang diikuti hampir seluruh negara didunia, dari awal berdirinya tercatat beberapa rekor olimpiade masih bertahan dan tak terkalahkan, kategori rekor olimpiade ini beragam jenisnya, bermula dari cabang olahraga, atlet, jumlah medali emas, serta negara peserta.

Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang Sejarah

  • Michael Phelps

Michael Phelps adalah seorang atlet renang asal Amerika serikat kini berusia 31 tahun (lahir 30 Juni 1985) merupakan perenang tangguh dan pemecah rekor dunia, ia meraih medali emas sebanyak 18 buah sepanjang keikutsertaanya di olimpiade dan meraih penghargaan atlet terbaik tahun ini.

Michael Phleps Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang masa

  • Ian Millar

Ian Millar adalah seorang atlet penunggang kuda profesional asal negara Kanada, lahir 6 Januari 1947 pernah mengikuti 10 kali Olimpiade untuk cabang berkuda mewakili negaranya.

ian millar Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang masa

  • Marjorie Gestring

Marjorie Gestring adalah atlet Loncat Indah (diving) putri termuda dalam sejarah yang berhasil meraih medali emas olimpiade di usia 13 tahun dicabang olahraga air tersebut, ia lahir 18 Nopember 1922 – 20 April 1992, berasal dari Amerika Serikat yang memenangkan medali emas di kelas 3 meter cabang olahraga loncat indah pada Olimpiade Musim panas 1936 di Berlin, Jerman.

Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang Sejarah

  • Bob Beamon

Bob Beamon adalah seorang atletik lompat jauh dari Amerika kelahiran 29 agustus 1946, menorehkan rekor olimpiade pada tahun 1968 di meksiko dan bertahan selama 22 tahun hingga rekornya tersebut berhasil dipecahkan oleh Mike Powel pada tahun 1991, walaupun rekornya berhasil dilalui namun Bob Beamon diyakini masih memegang rekor olimpiade karena Powel memecahkan rekor dalam ajang yang berbeda.

Bob Beamon Rekor Olimpiade Tak Terkalahkan Sepanjang Sejarah

  • Peserta Tim Putri Terbanyak

Olimpiade London 2012 adalah olimpiade paling banyak diikuti oleh peserta wanita dari seluruh dunia, tercatat sebanyak 4676 kaum hawa ikut berpartisipasi dalam ajang olahraga terbesar dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali

  • Negara peraih medali emas terbanyak

Amerika Serikat menduduki posisi tertinggi dikategori negara paling banyak mengumpulkan medali emas, tercatat 239 medali emas pernah diraih negara paman sam di olimpiade tahun 1904.