Rafflesia Arnoldii Diakui Sebagai Bunga Langka Sejak 25 Tahun Lalu

oleh
Rafflesia Arnoldii Diakui Sebagai Bunga Langka Sejak 25 Tahun Lalu
Rafflesia Arnoldii Diakui Sebagai Bunga Langka Sejak 25 Tahun Lalu

Omediapc.com, Rafflesia Arnoldii lebih dikenal sebagai Padma Raksasa merupakan bagian dari genus Rafflesia. Di Indonesia bunga Rafflesia ini adalah salah satu ciri khas dari tiga bunga nasional di Indonesia, dua lainnya adalah anggrek putih melati dan anggrek bulan.

Rafflesia Arnoldii secara resmi diakui sebagai “bunga langka” Nasional sejak 25 tahun lalu dalam Keputusan Presiden No. 4 tahun 1993 seperti dikutip https://indobos.com/

Pemberian nama bunga raksasa ini terkait dengan sejarah penemuan pertama kalinya tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera), yaitu di suatu tempat dekat sungai Manna, Lubuk Tapi, Bengkulu Selatan. Dengan fenomena ini, Bengkulu kemudian menjadi terkenal sebagai Tanah Rafflesia.

Tanaman ini merupakan tanaman endemik di Sumatera, terutama di bagian selatan seperti Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan kawasan konservasi utama spesies ini. Spesies ini, bersama dengan anggota genus Rafflesia lainnya, terancam punah karena penebangan hutan liar secara sporadis.

Bunga dengan mekar terbesar di dunia adalah Rafflesia arnoldii. Bunga langka ini ditemukan di hutan hujan Indonesia bisa tumbuh melebar dengan diameter 1 meter dan beratnya mencapai 15 kilogram. Ini adalah tanaman parasit, tanpa daun, akar, atau batang yang tidak terlihat.

Bunga yang kerap disebut bunga bangkai padahal berbeda jenis ini menempel pada tanaman inang untuk mendapatkan air dan nutrisi. Saat mekar, Rafflesia mengeluarkan bau yang tidak sedap, mirip dengan daging yang membusuk. Bau ini menarik serangga datang untuk menyerbuki tanaman.

Bunga besar lainnya yang ditemukan di Indonesia adalah Amorphophallus titanum, atau Titan arum. Hal ini juga dikenal sebagai “bunga mayat” karena bau yang tidak sedap. Seperti Rafflesia, Titan memancarkan bau daging yang membusuk untuk menarik penyerbuk.

Secara teknis, Titan arum bukan bunga tunggal. Ini adalah sekumpulan banyak bunga mungil, yang disebut perbungaan. Titan arum memiliki perbungaan tak berbunga terbesar dari semua tanaman berbunga. Tanaman ini lebih besar dari Rafflesia Arnoldii, ia bisa mencapai ketinggian 7 sampai 12 kaki dan beratnya mencapai 170 kilogram.