Planet Mars 2018 Terlihat Dari Bumi Lebih Dekat Setelah 15 Tahun

oleh
Planet Mars 2018 Terlihat Dari Bumi Lebih Dekat Setelah 15 Tahun
Planet Mars 2018

Pertama kali dalam 15 Tahun Planet Mars akan terlihat lebih terang dan lebih dekat pada tanggal 31 Juli 2018 malam ini,¬†sejak terakhir kali ‘mendekati bumi’ dalam sejarahnya yakni pada tahun 2003. Mars akan berada pada jarak 35,8 juta mil (57,6 juta kilometer) dari Bumi.

Waktu mendekati berikutnya antara Mars dan Bumi akan terjadi lagi pada 6 Oktober 2020.

Planet Mars mencapai titik tertingginya sekitar tengah malam yaitu berkisar 35 derajat di atas cakrawala selatan, atau sepertiga jarak antara horizon dan overhead. Penampakannya akan terlihat hampir sepanjang malam.

Fakta uniknya adalah planet Mars dilihat dibumi dengan jarak terdekatnya terjadi pada 15 tahun lalu yaitu di tahun 2003 atau terjadi pada rentan selama 60.000 tahun sekali.

Selama rotasinya, Mars dan matahari berada di sisi berlawanan dengan Bumi. Dari perspektif tentang dunia kita yang berputar, Mars terbit di timur ketika matahari terbenam di barat. Kemudian, setelah terlihat di langit sepanjang malam, Mars mulai terbenam di barat persis ketika matahari terbit di timur.

Sejak Mars dan matahari muncul di sisi langit yang berlawanan, kita mengatakan bahwa Mars berada dalam “oposisi.” Jika Bumi dan Mars mengikuti orbit melingkar sempurna, oposisi akan sedekat kedua planet itu.

Pada pertengahan Agustus, Mars akan menjadi lebih redup ketika Mars dan Bumi bergerak lebih jauh satu sama lain di orbitnya saat mengelilingi Matahari. Planet Merah ini berinar terang sekitar 7 Juli dan akan terjadi lagi hingga 7 September, sinarnya akan lebih terang dari Jupiter, yang umumnya bersinar paling terang di langit setelah Venus.

Fenomena Gerhana Bulan Darah” beberapa hari lalu yang merupakan gerhana paling lama abad ini juga bertepatan dengan pendekatan Mars hari ini yang terlihat dari Bumi.

Planet Mars bisa dilihat dengan mata telanjang di malam hari dalam cuaca yang cerah. Jika Anda ketinggalan untuk melihat keajaiban alam langka tersebut, Anda bisa menunggunya pada 6 Oktober 2020 mendatang.