Perbedaan Virus Zika, Demam Berdarah Dan Chikungunya

2626 views

Apa yang dimaksud dengan virus Zika?

Virus Zika adalah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi, gejalanya dapat menyebabkan demam ringan, ruam kulit, konjungtivitis dan nyeri otot.

Virus Zika ini terdeteksi untuk pertama kalinya pada tahun 1947 di hutan Zika di Uganda. Sejak saat itu virus ini mulai mewabah ke Asia. Pada tahun 2007, epidemi besar yang dilaporkan terjadi di pulau Yap (Mikronesia), dimana hampir 75% penduduknya terinfeksi.

Bulan Mei 2015, otoritas kesehatan masyarakat Brasil mengkonfirmasi penularan virus Zika di negaranya. Sejak Oktober tahun 2015, negara lain seperti Chili lebih dahulu melaporkan terjangkit virus ini setahun sebelumnya disusul wilaha belahan Amerika lainnya.

Virus Zika

Bagaimana gejala-gejala virus zika pada penderita?

Gejala yang paling umum dari infeksi virus Zika adalah demam ringan dan exanthema (ruam kulit), biasanya disertai oleh konjungtivitis, nyeri otot dan kelelahan yang dimulai 2 sampai 7 hari setelah mendapat gigitan nyamuk terinfeksi.

Satu dari empat orang yang terinfeksi virus zika memunculkan gejala-gejala tersebut diatas penyakit. Di antara mereka yang terjangkit biasanya mengalami gejala sakit dalam kurun waktu 2-7 hari. Gejala ini mengingatkan kita dengan demam berdarah atau chikungunya, karena disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Bagaimana Virus Zika ditularkan?

Virus Zika ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi. Ini adalah jenis nyamuk yang sama penyebab demam berdarah dan chikungunya. Gigitan nyamuk aides menjadi sebab utama virus zika ditularkan

Pada umumnya, Virus Zika membutuhkan faktor “sarana transportasi” untuk menginfeksi manusia. aktor utamanya telah diteliti adalah nyamuk aides. namun Virus ini juga telah terdeteksi dalam sp3rma, dan dalam kasus lain mungkin terjadi karena karena hubung@an pasang@n namun kebenaran ini tidak dapat dikonfirmasi lebih lanjut.

Virus Zika dapat ditularkan melalui darah, tetapi ini adalah cara atau metoda yang jarang terjadi dimana proses transfusi darah menjadi penyebab pasen terjangkit virus zika. namun upaya waspada harus selalu diutamakan agar berhati hati melakukan transfusi melalui cara yang sehat dan dari donaur sehat pula

Apakah Virus Zika ditularkan dari ibu ke anak?

Ada sedikit informasi tentang penularan dari ibu ke bayi selama kehamilan atau persalinan. Studi sekarang sedang dilakukan pada proses penularan yang mungkin terjadi dari ibu ke anak dan efeknya pada bayi.

Peng0b@tan Penyakit Virus Zika

Peng0b@tan Virus Zika adalah dengan menghilangkan rasa sakit, demam dan gejala lain pada pasien. Untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan untuk mengontrol demam, beristirahat dan minum banyak air. Telah ada vaksin atau ob@t spesifik untuk mengatasi virus zika.

Siapa yang berisiko terkena infeksi Virus Zika?

Siapapun dapat terkena virus zika dan yang tinggal di daerah dimana nyamuk aides berada dan menurut laporan, virus zika bisa muncul di mana terjadi barang-barang impor datang yang mungkin terdapat nyamuk terinfeksi. .

Bagaimana cara mendeteksi Virus Zika?

Pada kebanyakan orang, diagnosa didasarkan pada gejala klinis dan gejala epidemiologi pada penderita didaerah-daerah dimana virus berada. Tes darah dapat membantu untuk mengkonfirmasi diagnosis secara nyata, dalam 3-5 hari pertama setelah penderita mengalami gejala virus zika

Perbedaan Virus Zika, Demam Berdarah Dan Chikungunya

Perbedaan Virus Zika, Demam Berdarah Dan Chikungunya

Semua penyakit ini menimbulkan gejala yang sama, tetapi gejala-gejala ini berbeda intensitas dan keragamannya yaitu:

  1. Demam berdarah biasanya menimbulkan demam tinggi dan nyeri otot yang lebih parah. Bisa terjadi komplikasi saat demam menurun, dan gejala lain bisa terjadi pada pasen DBD seperti pendarahan.
  2. Chikungunya menimbulkan demam tinggi dan nyeri sendi yang lebih intens, mempengaruhi tangan, kaki dan lutut. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja syaraf pada orang yang terjangkit, sehingga mereka akan kesulitan untuk membungkuk, berjalan atau melakukan aktivitas sederhana seperti mengepal atau memegang sesuatu.
  3. Virus Zika tidak memiliki ciri yang jelas tetapi kebanyakan pasien menderita ruam kulit dan dari sebagian lain menimbulkan konjungtivitis.

Jika anda atau anggota keluarga mengalami gejala-gejala virus zika yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aides terinfeksi hendaknya segera menghubungi dokter atau rumah sakit untuk segera dilakukan diagnosa dan perawatan intensif

virus zika

Berita Lainnya