Oskar Fischinger Kreator Animasi Sebelum Lahirnya Komputer

oleh
Siapa Oskar Fischinger Yang Dirayakan Ulang Tahunnya ke-117

Omediapc.com – Oskar Wilhelm Fischinger (lahir di Gelnhausen, 22 Juni 1900 – meninggal di Los Angeles, 31 Januari 1967 pada umur 66 tahun) adalah seorang animator abstrak, pembuat film, dan pelukis berdarah Jerman-Amerika asal Gelnhausen, Jerman saat ini.

Di dunia desain, Fischinger adalah sosok yang menjulang tinggi, terutama di bidang gerak grafis dan animasi. Dia terkenal karena kemampuannya menggabungkan visual abstrak tanpa cela dengan iringan musik, setiap bingkai disorot dengan hati-hati atau difoto dengan tangan. Seorang master gerak dan warna, Fischinger menghabiskan waktu berbulan-bulan terkadang bertahun-tahun merencanakan dan membuat animasi.

Meski sebagian besar dikenal karena filmnya, Fischinger juga seorang pelukis yang produktif, menciptakan banyak karya yang menangkap gerakan dan perasaan dramatis dari filmnya dalam bingkai tunggal. Tidak puas dengan media tradisional, ia juga menemukan sebuah alat, Lumigraph, untuk menghasilkan tampilan kromatis yang fantastis dengan gerakan tangan – sejenis lukisan optik yang bergerak dan pendahulunya ke media interaktif dan permainan multi-touch saat ini.

Bahkan dengan teknologi maju yang sekarang ada, meniru karya Fischinger bisa dibilang hal mustahil karena tingkat kesulitannya. Pembuatan Warna dan gerak nampak sangat hati-hati.

Karyanya yang paling besar adalah film pendek berjudul Motion Painting No. 1 (1947), sebuah film pendek yang menggabungkan musik klasik berjudul Brandenburg Concerto no. 3, BWV 1048 oleh Johann Sebastian Bach dengan gabungan gambar-gambar yang membentuk gerak henti dalam tumpukan kaca akrilik..