Nutrisi Dan Gizi Makanan Ibu Hamil

Nutrisi Dan Gizi Makanan Ibu Hamil Untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan selama kehamilan, asupan makanan yang dibutuhkan wanita hamil setiap hari termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral menjadi kebutuhan utama bumil untuk mendapatkan hamil sehat sesuai harapan.

Makanan sehat buat ibu hamil berupa protein bisa didapat dari 150 gram daging, ikan atau unggas. Diet yang sehat, cukup mengkonsumsi karbohidrat setara dengan dua piring dari kacang-kacangan dan hidangan nasi secukupnya. Selain itu, disarankan memakan 4 iris roti setiap hari. Untuk kebutuhan Kontribusi lemak bisa diperoleh dari 20 gram margarin.
Nutrisi Dan Gizi Makanan Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda akan memerlukan dua kali lebih banyak protein, yang berperan penting untuk pembentukan jaringan janin.

Kandungan protein ini dapat ditemukan terutama pada daging, ikan, telur, biji-bijian, buah-buahan dan produk susu. Kacang kedelai juga merupakan sebuah sumber protein nabati yang bisa digabung dengan sereal, almond, hazelnut, atau biji bunga matahari.

Vitamin dan mineral

Makanan Ibu Hamil penting lainnya yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral dan berguna untuk pertumbuhan janin. Mengkonsumsi buah segar dan sayuran yang direkomendasikan oleh dokter, memberikan kontribusi terbaik untuk diet selama hamil.

  • Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan memperkuat tulang yang berkaitan dengan pertumbuhan fisik bayi. Elemen ini dapat ditemukan pada susu, kuning telur, mentega dan krim.
  • Vitamin E yang terlibat dalam pembentukan sel-sel darah merah dan regenerasi jaringan kulit. Sumber utama yang adalah minyak nabati, sereal dan kacang-kacangan.

Mineral yang paling dibutuhkan oleh tubuh wanita hamil yaitu kalsium, fosfor dan zat besi bisa diperoleh dari ikan sarden, tiram, kerang, kacang, almond, buah ara, bayam dan selada air. manfaat dari zat besi adalah untuk membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah pada bayi.

Kalsium berperan dalam pembentukan kerangka janin dan bisa ditemukan pada toge, kedelai, lobak, kol dan brokoli.

Fosfor berperan penting dikonsumsi setelah masuk bulan ketiga kehamilan dan juga sangat penting dalam pembentukan kerangka embrio, kandungan fosfor ini bisa didapat dari ikan tuna dan sarden, daging sapi, unggas, kacang kering, kacang-kacangan dan sereal.

Artikel Nutrisi Dan Gizi Makanan Ibu Hamil ini sebagai wacana tambahan bagi anda yang memerlukan informasi makanan sehat ibu hamil untuk menunjang kesehatan dan kebutuhan konsumsi yang bernilai tinggi akan gizi dan nutrisi, tetapi sangat dianjurkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter anda agar mendapat saran profesioal yang mengerti pasti keadaan kehamilan anda sesuai dengan kondisi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.