NASA Luncurkan ‘Scout’ Program Untuk Mendeteksi Asteroid Berbahaya

NASA Luncurkan 'Scout' Program Untuk Mendeteksi Asteroid Berbahaya

OmediaPc – NASA telah menemukan program baru disebut “Scout,” yang akan membantu para ilmuwan dalam mendeteksi asteroid berpotensi berbahaya dan mengancam kehidupan di bumi.

NASA telah mengambil langkah penting dalam menjamin keamanan bumi dari serangan asteroid. Badan antariksa Amerika siap dengan sistem komputer baru yang disebut “Scout” yang akan membantu para ilmuwan dalam mendeteksi asteroid berpotensi berbahaya.

Scout akan membantu para ilmuwan mendeteksi serpihan asteroid yang mungkin menyerang Bumi, Ini akan memungkinkan mereka untuk menghitung kemungkinan dampak asteroid pada permukaan bumi. Program komputer baru memiliki kapasitas untuk menghitung jalur dan dampak asteroid yang menuju bumi.

Menurut NASA, beberapa asteroid yang dekat dengan bumi yang berbahaya di alam semesta dan oleh karena itu, memerlukan pemahaman yang lebih baik dan deteksi tepat untuk membangun strategi mitigasi dampak. Saat ini, para astronom menggunakan sebuah website di Minor Planet Center of Cambridge untuk memasukkan informasi tentang benda ruang angkasa. Tapi masih mengalami masalah akurasi.

Scout adalah perbaikan pada model ini karena memeriksa situs web secara otomatis setiap 10 menit dan menghitung jalur objek yang telah dposting sebelumnya. Jika mendeteksi asteroid berbahaya, itu memberitahu para astronom melalui teks atau email. Para astronom kemudian mengintensifkan pengamatan mereka dengan bantuan perhitungan baru yang disediakan oleh Scout.

Pembaharuan berita Nasa ini jelas merupakan suatu perkembangan yang signifikan. Tapi diluar semua itu, NASA kini telah meluncurkan layanan berita disebut Daily Minor Planet dengan tujuan mendidik orang tentang benda ruang angkasa berbahaya. Ini akan menginformasikan kepada masyarakat tentang fakta-fakta asteroid terbaru.

Matt Holman, direktur Minor Planet Center – organisasi yang didanai NASA di belakang layanan berita ini, mengatakan mereka ingin Daily Minor Planet untuk mendidik orang-orang dengan cara yang menghibur, karena ketika mereka menemukan berita tentang ancaman serangan asteroid yang dapat menghancurkan Bumi, mereka mungkin tahu ke mana harus mencari fakta-fakta tersebut.

Yang perlu diketahui oleh semua pihak bahwasanya, dan merupakan fakta adalah hampir setiap hari, Bumi menghadapi bahaya tabrakan asteroid. Pada tahun 2013 sebuah asteroid jatuh dengan ukuran cukup besar menghantam bumi, dan efek ledakannya ketika bergesekan di atmosfir bisa disaksikan di Rusia, Chelyabinsk, menyebabkan sedikitnya 1.000 orang cedera.

This Article Was Written By

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment