Mengenal Apa Itu Kabel Fiber Optik

Mengenal Jenis Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik atau dikenal dengan nama lain kabel serat optik sebenarnya telah ada sejak lama namun sekarang lebih dikenal lagi karena fungsi dan kelebihannya yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kabel lain karena fiber optik lebih ringan dan tahan terhadap kondisi cuaca, pilihan memakai serat optik banyak diminati seperti yang dilakukan telkom pada layanan speedy menjadi Indihome kini menggunakan fiber optik sebagai jalur utamanya, kabel serat ini sangat tipis dan kecil sehingga cenderung mengalami sedikit penyumbatan data.

Kabel Fiber Optik

Kriteria kabel Fiber Optic secara umum

Ada banyak jenis kabel serat optik yang dapat Anda temukan, diantaranya yang paling umum dari jenis kabel fiber optik adalah:

  1. MTRJ: memiliki bentuk kecil berfungsi sebagai konektor MTRJ dan didesain untuk membuat koneksi mudah bahkan dalam patch panel. Kabel MTRJ dibuat dengan dua serat memiliki penghantar koneksi yang mendekati sempurna. Kabel ini biasanya digunakan untuk Ethernet dan aplikasi multimedia.
  2. LC/SC: jenis fiber optik ini sangat ideal untuk digunakan sebagai aplikasi bandwidth tinggi. Mendukung 10 Gbps dataspeeds hingga 300 meter. Kabel serat ini menggunakan sumber cahaya VCSEL yang beroperasi pada 850 nm, juga mendukung arus mundur dari informasi yang memungkinkan untuk digunakan dalam peralatan jaringan 50/125.
  3. RJ45 multi-mode SC: kabel fiber optik yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi koneksi fiber untuk kabel berbasis tembaga, memungkinkan Anda untuk memperluas jenis jaringan bersama jarak jauh.
  4. Audio digital: awalnya diciptakan oleh Toshiba untuk menghubungkan CD player ke receiver. Hal unik dari kabel ini adalah bahwa inti serat terbuat dari plastik murah. Plastik yang paling umum digunakan dalam plexiglass. fakta unik lainnya adalah bahwa kabel tesebut kebal terhadap gangguan, distorsi atau kehilangan sinyal utama.

Cara Merawat Kabel Fiber Optic

Merawat Kabel Fiber Optic cukup mudah karena kabel ini tidak berkarat tidak seperti kabel jenis tembaga yang gampang karatan jika terkena air, tetapi fiber akan terpengaruh oleh debu, kotoran dan kontaminasi lainnya, cara membersihkannya cukup mengelap bagian kotor tersebut dengan beberapa lembar kertas lensa lembut yang ditetesi sedikit alk*hol untuk mendapatkan performa kabel menjadi bagus kembali. Agar kabel fiber optik tersebut dapat bertahan lama saat membeli Anda harus memastikan kabel memiliki kualitas tinggi dan menggunakan kabel sesuai dengan kriteria dan fungsinya.

This Article Was Written By Dan Andry

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment