Mengatasi Kram Pada Saat Ibu Hamil

584 views

Mengatasi Kram Saat Ibu Hamil

Sembilan bulan kehamilan terbagi dalam tiga bagian, masing-masing fase ditandai dengan serangkaian perubahan spesifik yang terjadi dalam tubuh ibu hamil, disetiap tahapan ini wanita hamil mengalami sejumlah besar gejala yang berbeda pada saat kehamilan, baik menurut frekuensi atau intensitasnya tergantung kondisi kesehatan termasuk Kram Pada Saat Ibu Hamil.

Gejala kehamilan disebabkan oleh fisik dan perubahan hormonal yang di alami wanita hamil selama menunggu kelahiran anak, gejala ini bervariasi dirasakan ibu hamil atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Salah satu gejala yang paling umum adalah kejang otot, yang biasanya terjadi di kaki.

Mengatasi Kram Pada Saat Hamil

Penyebab Kram saat kehamilan

Meskipun spesialis belum mampu menemukan yang tepat penyebab kram yang terjadi selama kehamilan, banyak ahli memperkirakan ini sebagai gejala kekurangan kalsium dan magnesium dalam tubuh ibu hamil.

Selain itu, pakar-pakar lain menambambahkan penyebab kram yaitu adanya masalah pada peredaran darah, yang ditenggarai oleh meningkatnya aliran darah selama kehamilan, ditambah lagi dengan adanya pertumbuhan rahim dan peningkatan berat badan ibu hamil. Semua alasan ini dapat menyebabkan ibu hamil menderita kejang otot. Studi telah menentukan bahwa wanita hamil sering memiliki kejang otot di kaki, terutama di daerah betis. Meskipun kram biasanya berlangsung hanya beberapa menit, gejala kram ini bisa menjadi sangat menganggu, terutama pada malam hari.

Cara untuk meringankan dan mengatasi kram selama kehamilan

Untuk meringankan atau mengurangi frekuensi dan intensitas otot yang kram terjadi selama kehamilan, wanita hamil disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

Anda harus mengkonsumsi makan makanan mengandung kalsium yang cukup untuk memenuhi persyaratan bayi dan ibu hamil sendiri. Untuk melakukannya, hubungi dokter Anda agar diberikan resep suplemen kalsium yang sesuai untuk kehamilan.

Cukup Istirahat

Cobalah untuk melakukan mandi dengan air hangat sebelum tidur untuk mendapatkan tubuh yang relaksasi atau santai.

  • Melakukan latihan pralahir Jika disetujui oleh dokter Anda.
  • Bila memungkinkan, tempatkan kaki Anda lebih tinggi dari posisi biasa
  • Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman.

Tips sederhana Mengatasi Kram Saat Hamil

Jika Anda sewaktu waktu menderita kram di kaki, langkah pertama usahakan duduk di lantai atau di tempat tidur Anda dengan kaki terentang sepenuhnya dan menarik perlahan kaki Anda ke arah lutut. Setelah itu, Anda dapat memijat dengan lembut bagian otot yang mengalami kram dan jika perlu, ibu hamil bisa menempelkan es untuk menghilangkan rasa sakit.

Setelah Anda melakukan Tips Mengatasi Kram Pada Saat Ibu Hamil, bangun dan berjalanlah selama beberapa menit.

Jika Anda terlalu sering mengalami kram otot selama kehamilan, langkah awal adalah menahan diri dari dari mengkonsumsi semua jenis obat dan segera berkonsultasi dengan dokter Anda secepat mungkin. langkah preventif ini diambil sebagai pencegahan dari asupan obat-obatan yang tidak diresepkan oleh dokter, efek negatif mengkonsumsi obat diluar resep dokter dapat membawa konsekuensi serius pada kehamilan dan bahkan dapat merusak kesehatan bayi Anda. Oleh karena itu dianjurkan adalah untuk segera pergi ke dokter Anda agar mendapatkan perawatan yang sesuai.

kram saat hamil

Berita Lainnya