Marshall McLuhan Ilmuwan Komunikasi Dan Konsep Desa Dirayakan Google

Marshall McLuhan Ilmuwan Komunikasi Dan Konsep Desa Dirayakan Google

OMEDIAPC.com – Siapa Marshall McLuhan di beranda Google hari ini 21 Juli 2017? Ia adalah seorang ilmuwan komunikasi dan kritikus yang populer karena konsepnya tentang desa global (global village), teori medium adalah pesandan prediksinya tentang World Wide Web, 30 tahun sebelum internet ditemukan.

McLuhan seorang sarjana saat berusia dua puluh tahun di Universitas Manitoba, Kanada barat, di usia tiga puluhan dia menulis dalam buku hariannya, ia tidak akan pernah menjadi seorang akademisi.

Setelah lulus dari Manitoba, ia bekerja di Universitas Cambridge meniti karis sebagai analisis media. dia sering melihat masa lalunya di Cambridge dan sejarah institut yang panjang, membuatnya merenung bahwa tujuan utama fakultas dapat diringkas sebagai pelatihan persepsi, sebuah ungkapan tepat untuk merangkum tujuan sepanjang karirnya.

McLuhan mendapat kejutan di tempat kerja pertamanya yang mendorong ke arah analisis media. Meskipun murid-muridnya di University of Wisconsin adalah anak didiknya selama lima sampai delapan tahun, dia merasa kehilangan mereka dalam satu generasi.

Dia menduga hal ini berkaitan dengan cara belajar dan segera beranjak untuk menyelidikinya. Penyelidikan tersebut membawa Marshall kembali ke pelajaran tentang pelatihan persepsi dari para profesor di Cambridge, seperti I.A. Richards, dan meneruskan penemuan James Joyce, penyair simbolis, Ezra Pound.

“Pengertian Media”, terbit pertama kali pada tahun 1964, berfokus pada efek media yang merasuki masyarakat dan budaya, namun titik awal McLuhan selalu bersifat individu, karena ia mendefinisikan media sebagai ekstensi teknologi tubuh. Akibatnya, McLuhan sering mengajukan pertanyaan dan kesimpulannya dalam hal rasio antara indra fisik dan konsekuensi modifikasi terhadap rasio tersebut. Ini selalu mengandung dimensi psikologis.

Marshall McLuhan – Dengan demikian, penemuan alfabet dan intensifikasi makna visual yang dihasilkan dalam proses komunikasi memberi prioritas penglihatan selama pendengaran, namun pengaruhnya sangat kuat sehingga melampaui komunikasi melalui bahasa untuk membentuk kembali konsepsi masyarakat dan penggunaan ruang angkasa.

This Article Was Written By Dan Andry

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment