Marlene Dietrich Ikon Kebebasan Wanita Jerman

oleh
Marlene Dietrich Ikon Kebebasan Wanita Jerman
Siapakah Marlene Dietrich?

Omediapc.com – Siapa Marlene Dietrich? Dia adalah seorang artis wanita Amerika keturunan Jerrman yang terkenal dengan busana anti mainstream kala itu, lahir pada 27 Desember 1901 kini menjadi ikon Google Doodle hari ini yang diperingati ulang tahunnya ke 116.

Dietrich bekerja sama dengan sang mentor, sutradara film Josef von Sternberg. Dia telah membuat namanya terkenal di dunia internasional saat membintangi film The Blue Angel pada tahun 1930 dalam dua versi bahasa yaitu Jerman dan Inggris.

Marlene ketika hijrah dan bekerja di Amerika, lalu jadi pasangan von Sternberg, dia mulai berubah, melangsingkan tubuh serta mewarnai rambut pirangnya. Selain itu ia pun mengadopsi alis tipis yang menjadi ciri khas dirinya.

Bersama von Sternberg, Dietrich belajar teknik tata rias, pencahayaan dan editing film untuk tetap mengendalikan citranya selama bertahun-tahun. Film Von Sternberg, Maroko, menjadi terkenal karena “aksi liarnya”.

“Ya, saya punya selera bagus. Pasti pengaruh ibu saya karena selalu datang secara alami. Tidak ada orang lain yang pernah memiliki efek sama sekali pada pakaian saya. Tentu saja, jika saya dengan seseorang yang saya kenal ingin menunjukkannya maka saya berpakaian sehingga mereka bisa menunjukkannya kepada saya. Dan saya berpakaian sesuai dengan apa yang saya lakukan – itulah rasanya – dan negara tempat saya berada. Di Paris Anda bisa menjadi lebih gila”.

“Saya tidak pernah mengganggu pakaian anak perempuan saya. Selama dia merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Jika dia meminta saran, saya akan menyuruhnya untuk membeli sesuatu yang baik.

“Ada begitu banyak wanita dengan begitu banyak pakaian dan mereka tidak pernah memiliki pakaian apa pun. Saya jauh lebih suka pergi ke pesta dengan rok hitam dan sweter …

Marlene Dietrich menjadi daya tarik baru yang menakjubkan di Hollywood, sebagai bintang musim dingin ia datang pada saat dimana perlakuan terhadap wanita kala itu jadi perdebatan publik.

Kecintaan Dietrich untuk mengenakan pakaian pria pernah dia ungkapkan “Saya berada di hati seorang gentleman” katanya.

Tahun 1939, Marlene Dietrich tampil didepan tentara Perang Dunia II sebagai penghibur USO dan di anugerahi Medali Kebebasan A.S. dan French Légion d’Honneur untuk pekerjaan tersebut di masa perang yang melelahkan tersebut.