Malam Tahun Baru 2017 Akan Dimeriahkan Penampakan Komet 45P

Malam Tahun Baru 2017 Akan Dimeriahkan Penampakan Komet 45P

OmediaPc.com – Komet 45P atau komet Honda-Mrkos-Pajdusakova akan kembali menyapa di tahun baru 2017 sebagai bentuk kemeriahan alami dari tata surya pada malam pergantian tahun baru dan malam berikutnya.

“Pada malam tahun baru, komet dan bulan sabit akan rendezvous untuk mengucapkan selamat tinggal kepada 2016,” kata Jane Houston Jones dalam sebuah video yang diposting di blog NASA.

Untuk melihat penampakan komet 45P syarat utamanya suasana malam harus cerah tanpa distorsi dan bantuan teropong untuk melihat komet.

Komet 45P pertama kali muncul rendah di ufuk barat sekitar tanggal 15 Desember. kehadiran komet hijau ini menampilkan warna-warni dari ekornya berbentuk kipas. Pecinta fenomena alam mengharapkan dapat melihat kehadiran komet 45P di malam Tahun Baru karena edarannya di sekitar matahari.

Komet 45P adalah komet periodik yang diperkirakan jaraknya lebih dari 7 juta mil dari Bumi. Astronom menemukan komet tersebut pada tahun 1948 ketia orbitnya berada di sekitar Bumi.

Benda angkasa yang melengkapi revolusi dan mengorbit setiap 5,25 tahun akan terlihat di langit malam setelah senja, menurut NASA.

Komet 45P akan terlihat lebih dekat ke Bumi selama beberapa minggu ke depan, dan puncaknya terjadi pada 11 Februari ketika hanya berjarak 7,4 juta mil jauhnya. Anda mungkin memerlukan teleskop untuk dapat melihat komet lebih jelas.

Berikut adalah cara untuk menemukan komet 45p:

Komet 45P ada di konstelasi Capricornus, dekat dengan Venus. planet Venus nampak terang di langit dan memberikan warna merah. 45P akan terlihat sangat rendah di cakrawala langit.

Penampakan Komet 45P ada di sekitar 10 derajat di atas cakrawala barat disenja hari pukul 6:00 pada malam tahun baru 2017. akan terlihat menjadi dekat dengan bulan sabit di bagian barat daya dari langit malam, terlihat sekitar 3 derajat di sebelah kiri bulan. jika terlihat secara kasat mata akan muncul warna kehijauan dari ekor komet tersebut.