Logo, Semangat dan Sejarah Hari Pramuka 2018

oleh
Logo, Semangat dan Sejarah Hari Pramuka 2018
logo pramuka 2018

Sejarah Pramuka bermula saat dilaksanakan Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka, dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal 14 Agustus 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA.

Peringatan Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018, Kwartir Nasional telah merilis logo dan tema Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018. Logo 57 Tahun Gerakan Pramuka ini ditetapkan melalui Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 088 Tahun 2018 tentang Tema dan Logo Hari Pramuka Ke-57 Tahun 2018.

Logo Pramuka 2018

Logo, Semangat dan Sejarah Hari Pramuka 2018
Logo Pramuka 2018

Hari Pramuka 2018, Semangat pramuka adalah untuk membangun kepribadian anak bangsa untuk bangkit bersama, memiliki kesadaran akan pentingnya kebersamaan demi mewujudkan masa depan negara Indonesia yang damai dan sejahtera. Tiada lawan tetapi kawan, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, kita semua adalah sama.

Pramuka jelmaan dari suatu wadah orang-orang yang memiliki semangat kebersamaan, Pemuda adalah tulang punggung bangsa. Pemuda adalah harapan bangsa. Pemuda adalah masa depan bangsa. Begitu pentingnya peranan dan eksistensi pemuda dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan,

hingga Bung Karno berkata lantang dalam pidatonya: Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia!

Logo, Semangat dan Sejarah Hari Pramuka 2018
Logo Hari Pramuka 2018

Pidato terkenal Bung Karno yang membakar semangat kepemudaan tanah air:

“Beri aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru. Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan dengan mereka aku akan mengguncang dunia!”.

Kedudukan dan peran pemuda dalam kehidupan berbangsa sangatlah tak ternilai harganya, dimasa pencarian jati diri sesungguhnya, peranan remaja yang tergabung dalam gerakan pramuka diharapkan mampu menemukan semangat kebersamaan menggalang persatuan dan kesatuan, sejatinya mereka adalah bakal calon penggerak negeri, semangat pramuka dapat menjembatani seorang pemuda untuk berkarya positif dikemudian hari.

Dengan peringatan Hari Pramuka 2018, saat ini di pundak mereka digantungkan harapan dan cita-cita bangsa, sehingga pemuda kekinian dituntut berperan lebih aktif dan mau tampil di garda terdepan untuk membentengi diri dan lingkungan dari pengaruh negatif pesatnya teknologi, agar kaum muda lebih berkarakter, berperan komprehensif memberi solusi dan mampu menjadi contoh sebagai kaum produktif, selamat hari pramuka!