KPK Luncurkan Aplikasi JAGA Pemantau Layanan Publik Berbasis Android

141 views

KPK Luncurkan Aplikasi JAGA Pemantau Layanan Publik Berbasis Android

OmediaPc – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong lembaga-lembaga pemerintah dan warga masyarakat untuk menggunakan aplikasi JAGA berbasis Android untuk mengakses informasi terkait dengan pelayanan publik dalam upaya untuk meningkatkan transparansi.

Aplikasi Jaga, dipantau langsung oleh KPK, memungkinkan masyarakat untuk memperoleh informasi yang lengkap, termasuk prosedur yang diperlukan untuk pelayanan publik dan biaya resmi. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai platform bagi masyarakat untuk mengekspresikan saran dan kritik mengenai tingkat kepuasan mereka terhadap pelayanan publik KPK

“Dalam dua bulan pertama, kami (KPK) akan memantau apakah (pejabat) telah meng-upload informasi pelayanan publik (kedalam aplikasi) ” kata ketua KPK Agus Rahardjo pada hari Kamis setelah peluncuran aplikasi.

Aplikasi JAGA saat ini mencakup sekolah, rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat dan ijin penerbitan. Agus Rahardjo juga mengharapkan dikemudian hari akan lebih banyak sektor yang bisa ditambahkan pada aplikasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya akan meng-upload versi sederhana dari informasi anggaran negara kedalam aplikasi JAGA untuk membantu para wajib pajak memahami kierja bagaimana pemerintah membelanjakan uangnya.

Aplikasi JAGA KPK

Related Post