Kisah Maya Angelou Menginspirasi Jutaan Orang di Dunia

oleh
Maya Angelou
Dr Maya Angelou Google Doodle

Dalam kehidupan yang kaya dengan pengalaman dan cerita, penulis, penyair, penulis memoar, dan aktivis Dr. Maya Angelou menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia melalui ajarannya, tulisannya, suaranya, dan tindakannya.

Terlahir dengan nama Marguerite Annie Johnson pada tahun 1928, kisahnya yang luar biasa diawali dari sebuah tragedi pada dirinya saat berusia tujuh tahun, Ia mengalami kekerasan s3ksual ketika hingga membuatnya bisu selama lima tahun.

Selama masa kepedihannya tersebut, buku dan puisi menjadi penghibur bagi dirinya selain mendapat dukungan dari teman-temann, hingga membuat ia menemukan kembali suaranya untuk memulai perjalanan intelektual dan kreatifitas yang menentang deskripsi.

Saat usia remaja dan dewasanya, Dr Angelou mengikuti banyak kegiatan seperti menjadi konduktor streetcar perempuan dan kulit hitam pertama di San Francisco, berkeliling dunia sebagai anggota pemeran opera Porgy dan Bess – hingga menguasai beberapa bahasa. Dia bernyanyi dan menari di kabaret profesional, bekerja sebagai wartawan di Afrika, dan menjadi salah satu aktivis hak-hak sipil paling terkemuka di generasinya.

Keberhasilan buku pertamanya, “I Know Why the Caged Bird Sings” (Aku Tahu Mengapa Burung Sangkar Bernyanyi) pada tahun 1969 membawa perhatian utamanya sebagai seorang penulis, diikuti oleh enam karya otobiografi lainnya, di samping puisi, sastra anak-anak, dan non-fiksi.

Melalui karya-karyanya, Dr. Angelou memberikan suara kepada jutaan orang. Dia memperjuangkan hak-hak perempuan dan kesetaraan jender. Dia mendefinisikan kembali keindahan kulit hitam dan tradisi lisan Afrika-Amerika yang terkenal. Dia mendukung perang dan berkampanye untuk perdamaian universal.

Dia juga penerima banyak penghargaan selama hidupnya, pernah menjadi penyair pertama yang membuat resitasi pelantikan dalam tiga dekade ketika Bill Clinton menjadi Presiden pada tahun 1992. Pengaruh besar pada budaya populer juga dirasakan melalui sejumlah nominasi penghargaan, penghargaan publik, dan lebih dari 50 gelar kehormatan.

“Saya telah belajar bahwa orang akan melupakan apa yang Anda katakan, orang akan melupakan apa yang Anda lakukan, tetapi orang tidak akan pernah melupakan bagaimana Anda membuat mereka merasa. ”

-Dr. Maya Angelou

Google Doodle hari ini merayakan Maya Angelou di ulang tahunnya yang ke-90 dengan lantunan puisinya yang berjudul “Still I Rise,” untuk memperingati kisah hidupnya yang menginspirasi jutaan orang didunia.