Keutamaan Ibadah Haji dan Hari Raya Idul Adha 2018

oleh
Keutamaan Ibadah Haji dan Hari Raya Idul Adha 2018
image pngtree

Umat Muslim diseluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 2018 yang jatuh pada hari Rabu 22 Agustus, pelaksanaan hari raya kurban selalu berbarengan dengan ibadah wukuf di Arafah yang dilakukan para Jamaah Haji disusul dengan lempar jumroh di mina yang merupakan syarat sah hukum Haji.

Sejarah Idul Adha yang sarat akan makna bermula dari perjuangan Nabi Ibrahim AS dan Puteranya, Ismail dalam memenuhi Nazarnya yang tertunda.

Dengan ketaatan penuh Nabi Ibrahim AS ketika diingatkan melalui mimpi hingga tiga kali lalu memutuskan untuk memenuhi janjinya menyembelih sang Puteranya yang sangat dikasihi.

Ismail yang kala itu berusia remaja pun bersedia dijadikan ‘sembelihan’ sang Ayah karena keimannya, perjuangan Nabi Ibrahim dan puteranya ini dipersembahkan sebagai bentuk ketaatan kepada Rabb-nya

Namun karena kebesaran Allah SWT peristiwa Ismail dikurbankan untuk mememnuhi nazar tidak terjadi, maka Allah pun mengganti ‘Kurban’ tersebut dengan seekor domba Jantan, dan Nabi Ismail pun selamat.

Contoh: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2018 / 1439 H

Hadits dan Hikmah Hari Raya Idul Adha

Dari Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah).

Dalam hadis lain Ibnu ‘Umar juga meriwayatkan:
“Adapun keluarmu dari rumah untuk berhaji ke Ka’bah maka setiap langkah hewan tungganganmu akan Allah catat sebagai satu kebaikan dan menghapus satu kesalahan. Sedangkan wukuf di Arafah maka pada saat itu Allah turun ke langit dunia lalu Allah bangga-banggakan orang-orang yang berwukuf di hadapan para malaikat.

Allah Ta’ala berfirman, ‘Mereka adalah hamba-hambaKu yang datang dalam keadaan kusut berdebu dari segala penjuru dunia. Mereka mengharap kasih sayangKu, merasa takut dengan siksaKu padahal mereka belum pernah melihatKu. Bagaimana andai mereka pernah melihatKu?!

Andai engkau memiliki dosa sebanyak butir pasir di sebuah gundukan pasir atau sebanyak hari di dunia atau semisal tetes air hujan maka seluruhnya akan Allah bersihkan.

“Lempar jumrohmu merupakan simpanan pahala. Ketika engkau menggunduli kepalamu maka setiap helai rambut yang jatuh bernilai satu kebaikan. Jika engkau thawaf, mengelilingi Ka’bah maka engkau terbebas dari dosa-dosamu sebagaimana ketika kau terlahir dari rahim ibumu” (HR. Thabrani).

“Ya Allah, semoga Engkau berkenan menghadirkan kami ke Mekah, Arafah dan Madinah, dan berikanlah kami (pahala) haji mabrur, dan ridhailah kami, ampunilah kami, dan sayangilah kami. Engkaulah kekasih kami, maka tolonglah kami atas golongan orang yang kafir.”

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2018 selain melaksanakan Sholat Ied di mesjid secara berjamaah juga melaksanakan pemotongan hewan kurban seperti sapi, kambing, unta dll dan daging hewan kurban ini dibagikan kepada yang berhak menerimanya terutama fakir miskin, Semoga amal ibadah kita diridhoi dan diterima Allah SWT. Aamiin…