Kenali Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

oleh
Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Omediapc.com, Anemia sangat umum terjadi pada wanita hamil, untuk itu penting diketahui penyebab dan ciri-ciri anda terkena anemia selama kehamilan serta cara mengatasinya jika sudah mengalami gejala agar lebih siap untuk menjalani hamil yang sehat.

Dari beberapa paparan kesehatan tentang anema pada ibu hamil akan terjawab masalah utama apakah memang wajar memiliki anemia selama kehamilan? Hal ini sangat umum. Bahkan, para ahli memperkirakan bahwa sekitar 95% ibu hamil menderita anemia.

Apa penyebab anemia pada kehamilan?

Anemia disebabkan oleh penurunan besi di bawah nilai normal. Apa yang terjadi pada kehamilan adalah jumlah darah yang ditemukan dalam tubuh ibu meningkat 50% dan prosentase tersebut sangatlah tinggi. Hal ini membuat tubuh membutuhkan zat besi lebih banyak dari biasanya untuk menghasilkan hemoglobin yang yang bertujuan menyediakan asupan plasenta dan bayi.

Zat Besi merupakan mineral penting dalam produksi hemoglobin dan merupakan protein yang ditemukan dalam sel-sel darah merah dan bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh lainnya. Selain kekurangan zat besi, Anemia juga bisa disebabkan oleh:

  • Kekurangan asam folat
  • Kekurangan vitamin B12

Bagaimana cara mengetahui jika Anda menderita anemia? Gejala anemia pada tubuh bisa dilihat seperti:

  • Muka pucat
  • Kelelahan

Dalam banyak kasus anemia ringan, ibu hamil tidak semuanya merasakan gejala. Untuk menentukan apakah Anda mengalami anemia atau tidak, Anda perlu konsultasi dengan dokter atau prenatal di mana Anda akan menjalani tes darah untuk mendiagnosis anemia.

Cara pengobatan anemia

Anemia pada kehamilan adalah melalui diet sehat dan suplemen vitamin, dokter kandungan akan memberitahu Anda sesuai kondisi kehamilan terkait dosis harian zat besi yang akan diambil untuk menghilangkan anemia, dan selama mengatasi rasa pusing karena kekurangan darah akibat anemia tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kaya zat besi dalam makanan untuk membantu mengatasi anemia saat hamil.