Kasus Nepotisme Presiden Korea Selatan Menghadirkan Wanita Kunci

oleh
Kasus Nepotisme Presiden Korea Menghadirkan Wanita Kunci

Kasus Nepotisme Presiden Korea Menghadirkan Wanita Kunci

OmediaPc.com – Wanita yang menjadi pusat perhatian skandal politik Korea Selatan memohon maaf pada hari Senin setelah ia memenuhi panggilan Jaksa untuk menyelidiki dugaan menggunakan persahabatannya Dengan Presiden Park Geun-hye untuk mempengaruhi urusan negara dan mendapatkan keuntungan.

Choi Soon-sil, mengenakan topi dan syal serta menutupi wajahnya dengan tangan, menyelinap melalui barisan Jurnalis dan pengunjuk rasa yang menuntut penangkapan dan pengunduran diri Park untuk memasuki gedung penuntutan di Seoul.

“Saya Berkomitmen atas kejahatan, saya pantas untuk mati,” kata Choi, kepada wartawan, istilah penyesalan di rakyat Korea untuk menyampaikan penyesalan mendalam.

“Maafkan saya.” katanya lebih lanjut.

Choi kembali ke Korea Selatan awal pada hari Minggu dari Jerman, tempat ia tinggal, dan siap untuk menjawab pertanyaan Jaksa, pengacaranya memberikan laporan.

Dia telah berada di bawah tekanan kuat harus kembali ke Korsel ketika krisis politik melanda Park dengan tuduhan nepotisme dialamatkan kepada Choi yang menggunakan persahabatannya untuk memberikan pengaruh dan mendapatkan keuntungan nepotisme.

Ribuan warga Korea Selatan berdemontrasi pada hari Sabtu meminta pengunduran Park atas skandal nepotisme tersebut. Mereka menilai Park mengkhianati kepercayaan publik dan salah urus pemerintahan, dan juga telah kehilangan mandat untuk memimpin Korea.

Partai-partai oposisi menuntut penyelidikan menyeluruh untuk dilakukan tapi tidak memiliki kesempatan melakukan impeaching presiden terkait kasus nepotisme di Korea Selatan.