Jumlah Perolehan Medali Asian Games 2018 Terkini Kontingen Indonesia Geser Iran

oleh
Jumlah Perolehan Medali Asian Games 2018 Terkini
Selebrasi atlet Pencak Silat Sarah Tria Monita Asian Games 2018

Jumlah perolehan medali emas Asian Games 2018 di hari ke-9 sebanyak 22 medali telah dikantongi kontingen Indonesia, tambahan medali ini membuat posisi timnas naik ke posisi ke-4 menggeser Iran di klasemen perolehan medali sementara.

Hingga hari ini, Selasa  28 Agustus, Kontingen Indonesia berhasil mengoleksi 22 emas, 15 perak, dan 27 perunggu dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

Baca: Pasangan Iqbal Candra Pratama – Sarah Tria Monita Raih Medali Emas Asian Games 2018

China masih berdiri kokoh di puncak klasemen dengan mengantongi 86 emas, 62 perak, dan 43 perunggu. Di posisi kedua ada Kontingen Jepang dengan meraih 43 emas, 36 perak, dan 57 perunggu.

Sedangkan Korea Selatan di urutan ketiga dengan koleksi 28 emas, 36 perak, dan 42 perunggu. Sementara itu, Iran yang turun ke posisi kelima masih mengumpulkan 17 emas, 15 perak, dan 15 perunggu.

Kontingen Indonesia terus mendapat banyak medali emas di hari ke-9 Asian Games 2018, Senin 27/08/2018. Kontingen Merah Putih berhasil menambah banyak medali emas dari dua cabang olahraga andalan yaitu pencak silat dan panjat tebing.

Medali emas terakhir di hari ke-9 yang disumbang pencak silat dilengkapi oleh catatan atlet putri Indonesia, Sarah Tria Monita. Sarah yang turun di kelas C putri 55-60kg mampu menghentikan perlawanan atlet Laos, Nong Oy Vongphakdy.

Selain pencak silat, cabang olahraga panjat tebing juga kembali mempersembahkan medali emas. Medali emas pertama di hari k-9 dari panjat tebing datang dari kuartet atlet putri Puji Lestari, Aries Susanti Rahayu, Rajiah Sallsabillah, dan Fitriyani. Kuartet ini mampu mengalahkan dua regu China di nomor speed relay putri.

Medali emas lainnya disumbang regu panjat tebing putra di nomor speed relay putra. Kuartet Muhammad Hinayah, Rindu Sufriyanto, Abu Dzar Yulianto, dan Veddriq Leonardo, berhasil mengalahkan regu Indonesia lainnya yang dihuni, Aspar Jaelolo, Sabri, Pangeran Septo Wibowo Siburian, dan Muhammad Fajri Alfian.

Selain 10 medali emas, satu medali perak disumbang oleh Tim Perahu Naga Putra dari nomor sprint 100 meter. Sementara itu, atlet bulutangkis putra, Anthony Sinisuka Ginting, mepersembahkan medali perunggu. Satu medali perunggu lainnya disumbang oleh pasanhan Putu Dini Jasita Utami/Dhuya Juliana yang tergabung di Tim Voli Pantai Putri.