James Wong Howe Tokoh Sinematografi Paling Berpengaruh

oleh
James Wong Howe Tokoh Sinematografi Paling Berpengaruh
James Wong Howe Foto Google Doodle
James Wong Howe Tokoh Sinematografi Paling Berpengaruh
James Wong Howe Foto Google Doodle

Omediapc.com, Beranda Google hari ini memperingati kelahiran ke 118 James Wong Howe seorang sinematografer berkebangsaan Amerika Cina dan merupakan sosok perfilman yang telah mengerjakan lebih dari 130 buah film.

Jika anda bertanya siapa James Wong Howe? Dia adalah seorang ahli dan merupakan salah satu orang pertama yang menggunakan sinematografi dalam hal fokus di mana kedua bidang antara latar dekat dan jauh tetap sama.

Karya Howe yang paling terkenal seluruhnya hampir bernuansa hitam dan putih. Dua Academy Awards dianugrahkan pada masa periode Oscar Sinematografi Terbaik yang diberikan secara terpisah untuk kategori film hitam putih dan berwarna.

Ia sukses membuat transisi film berwarna dan mendapatkan nominasi Academy Award pertamanya untuk karya film pada 1958 dengan judul The Old Man and the Sea. Howe juga meraih Academy Award keduanya untuk Film Hud tahun 1963. Tiga dokumenter dibuat yang menggambarkan sinematografer ini pada masa hidupnya

Ketertarikan saat Howe kecil terhadap cinematografi adalah ketika melihat sebuah kamera Brownie, Setelah ayahnya meninggal, Howe yang memasuki masa remaja pindah ke Oregon dan tinggal bersama pamannya dan disana pula ia mulai berkenalan dan berkarir sebagai seorang petinju.

Karir tinju James Wong Howe sempat memperoleh catatan 5 kemenangan, 2 kali kalah dan hasil imbang, Howe kemudian pindah ke San Francisco Bay dengan harapan bisa mendaftarkan diri ke sekolah penerbangan namun ia kehabisan uang dan pergi ke selatan Los Angeles dimana Ia mengambil beberapa pekerjaan aneh, termasuk bekerja sebagai anak yang bertugas sebagai pengirimanan fotografer komersial dan bekerja sebagai busboy di Hotel Beverly Hills.