Gerhana Bulan Parsial Atau Sebagian di Indonesia, Catat Waktu Terjadinya

oleh
Gerhana Bulan Parsial Atau Sebagian di Indonesia, Catat Waktu Terjadinya

Gerhana Bulan Parsial Atau Sebagian di Indonesia, Catat Waktu Terjadinya

Omediapc.com, langit Indonesia mengalami gerhana bulan sebagian atau gerhana bulan Parsial, fenomena alam ini bisa diamati di wilayah Indonesia pada 7 dan 8 Agustus 2017. Prosesi malam Gerhana bulan sebagian terjadi saat puncak gerhana, 24,6 persen piringan bulan akan nampak gelap karena masuk ke area umbra atau bayangan bumi.

Gerhana bulan sebagian akan berlangsung dari wilayah Waktu Indonesia Barat sekitar pukul 22.48 hingga 03.52 WIB. Sedangkan kawasan Waktu Indonesia Tengah dimulai sejak pukul 23.48 hingga 4.52 Wita dan untuk wilayah timur dimulai pada 00.48 sampai 5:52 WIT, bagian bulan yang tidak akan terlihat adalah bagian bawah sebelah kiri dan puncaknya terjadi pukul 01.20 WIB.

Saat Gerhana terjadi bagian bulan yang tidak terkena bayangan bumi tetap bersinar terang menampakkan warna putih, sementara wilayah 24,6 yang tertutup akan nampak berwarna merah.

Jika cuaca cerah penampakan bulan saat gerhana bisa dilihat dengan mata telanjang, bagi anda yang ingin menyaksikan prosesi terjadinya gerhana bulan nanti malam bisa melihat kelangit mulai pukul 22.50 WIB hingga dini hari 03.52 Waktu Indonesia Barat.

Rasulullah bersabda, ”Matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat keduanya, berdoalah pada Allah, lalu Salatlah hingga gerhana tersebut hilang (berakhir)”.

Gerhana bulan parsial Agustus 2017 bisa diamati secara menyeluruh dari Australia bagian barat, benua Asia, Samudra Hindia dan bagian Timur Afrika. Sementara proses gerhana bulan kala terbit bisa diamati di wilayah Eropa, Afrika barat, selatan Samudra Pasifik dan sebagian kecil bagian timur Amerika Selatan.