Gempa Meksiko – Ratusan Bangunan Roboh dan Puluhan Orang Tewas

Gempa Meksiko

MEKSIKO – Puluhan orang tewas setelah salah satu gempa terkuat di Meksiko melanda pantai selatan negara tersebut, merobohkan ratusan bangunan dan memicu evakuasi terkait ancaman tsunami yang membuat warga panik saat gempa melanda Kamis Malam (8/9/2017).

Kepala pertahanan sipil Meksiko, Luis Felipe Puente, mengatakan jumlah korban tewas saat ini meningkat menjadi 58 orang.

Gempa tersebut terjadi beberapa menit sebelum tengah malam pada hari Kamis dirasakan sangat kuat menyebabkan bangunan bergoyang kencang di ibu kota yang berjarak lebih dari 650 mil dari pusat gempa.

Kota terparah yang dilanda gempa Meksiko terjadi di uchitan, Oaxaca yang dikenal dengan nama Isthmus. Sekitar setengah dari balai kota runtuh jadi tumpukan puing-puing dan jalan-jalan dipenuhi dengan reruntuhan bangunan rumah. Pejabat lokal mengatakan setidaknya 17 dari 35 orang tewas berada di Juchitan.

Ibu kota Meksiko berhasil lolos dari kerusakan besar, namun gempa tersebut membuat warga ketakutan mereka masih ingat bencana gempa 1985 yang menewaskan ribuan orang dan menghancurkan sebagian besar kota tersebut.

Gempa Meksiko Ratusan Bangunan Roboh dan Puluhan Orang Tewas

Foto APP/GettyImage

Di tempat lain, tingkat kehancuran akibat gempa juga dilaporkan menuai bencana. Ratusan bangunan roboh atau rusak, aliran listrik mati dan pihak berwenang menutup sekolah Jumat di setidaknya 11 negara bagian untuk memeriksa keamanan mereka.

Gempa tersebut juga melanda pantai Pasifik Chiapas, dekat perbatasan Guatemala dengan magnitude 8,1-setara dengan yang terkuat di Meksiko pada abad yang lalu. Itu sedikit lebih kuat dari gempa 1985, A.S. Kata Survey Geologi.

Episentrum berada di hotspot seismik di Pasifik di mana satu lempeng tektonik mendorong bagian bawah yang lain. Zona subduksi ini dianggap sebagai sumber terjadinya gempa bumi beberapa gempa terbesar sepanjang sejarah, termasuk bencana Fukushima tahun 2011 dan gempa Sumatra tahun 2004 yang memicu tsunami mematikan.

Gubernur Oaxaca Alejandro Murat mengatakan kepada media lokal bahwa setidaknya 23 orang tewas di negara pesisirnya. Pejabat mengatakan setidaknya 10 orang tewas di Chiapas dan dua lainnya di negara bagian Teluk Meksiko Tabasco.

Gempa Meksiko melanda pukul 11:49. Kamis waktu setempat, dan episenternya berada 102 mil sebelah barat Tapachula di Chiapas memiliki kedalaman 43,3 mil, kata USGS. Puluhan gempa susulan terjadi di wilayah tersebut beberapa jam kemudian.

This Article Was Written By Dan Andry

Berbagi tips dan informasi di media internet semoga bermanfaat untuk umat, khairunnas anfa'uhum linnas

Dan Andry

Leave a Comment