Firefox Quantum Besutan Mozilla Terbaru Lebih Cepat Dari Chrome?

oleh
Firefox Quantum Besutan Mozilla Terbaru Lebih Cepat Dari Chrome?
Firefox Quantum Mozilla Terbaru

Omediapc.com – Browser yang pernah jadi idola netter, Mozilla merilis versi terbaru dengan nama Firefox Quantum diklaim lebih cepat dua kali dari versi aslinya yang diluncurkan enam bulan lalu.

Firefox Quantum dibangun di atas mesin inti yang benar-benar dirombak dengan teknologi baru dan dihiasi dengan tampilan indah yang dirancang untuk lebih mudah dikelola pengguna dengan menggunakan lebih sedikit memori agar saat membuka banyak tab dan halaman tidak membuat sistem operasi menjadi hang atau berat.

Firefox terbaru ini memiliki UI yang ramping dengan pilihan penyesuaian pada toolbar dan dianggap sebagai browser yang akan menandingi performa Google Chrome dalam soal kecepatan berselancar. Browser baru ini juga menyertakan rekomendasi Pocket dari situs yang akan ditelusuri di setiap tab baru. Night Mode dan fitur lainnya tersedia sebagai add-on Firefox gratis.

Saat Anda membuka lebih banyak tab di Quantum, penggunaan memori disinyalir lebih sedikit daripada membuka banyak tab di Chrome. Pada laptop Asus dengan Intel Core i5 terlihat menjalankan enam proses untuk 20 tab yang terbuka, sementara Google Chrome menjalankan 21 proses untuk 14 tab.

“Firefox telah berusia 13 tahun dan sangat sedikit aplikasi pada kurun waktu tersebut tanpa menimbulkan hutang teknis,” kata Nick Nguyen, VP teknologi Mozilla.

Proyek Quantum adalah penulisan ulang radikal Gecko untuk era modern, di mana prosesor multicore adalah norma.

“Kami telah meluncurkan multicore untuk tahun lalu. Ini seperti bungkusan dari buku mesin permainan: memprioritaskan loading cepat yang diinginkan pengguna. Jadi, ini seperti memprioritaskan tab yang ada di tampilan depan. Memastikan scrol timeline Facebook benar-benar terbuka dengan baik, merender panel navigasi saat apa yang diinginkan user adalah kontennya, ” Nguyen menambahkan.