Fakta Menarik Maya Angelou Wanita Inspiratif Multi Talenta

oleh
Maya Angelou
Fakta Menarik Maya Angelou Wanita Inspiratif Multi Talenta

Dr. Maya Angelou aktivis Amerika Serikat yang memperjuangkan kesetaraan gender dan kebudayaan orang kulit hitam telah menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia melalui karya berupa tulisan, kisah perjalanan hidupnya dan puisi yang menginspirasi.

Bernama lengkap Marguerite Annie Johnson, ia lahir pada tahun 1928, kisahnya yang luar biasa mulai tercipta ketika ia mengalami tragedi kekerasan s3ksual pada usia tujuh tahun yang membuatnya membisu selama lima tahun.

Jadi penari profesional

Di usia 20-an, setelah menikah, Angelou mulai belajar tari modern di San Francisco. Dia membentuk tim tari Al dan Rita sebelum Angelou memutuskan untuk pindah ke New York untuk belajar tari Afrika dengan penari Trinidadian, Pearl Primus.

Dia melanjutkan untuk menari secara profesional di klub-klub di San Francisco, termasuk di klub malam era-beat terkenal, The Purple Onion.

Kesuksesannya sebagai penari kalipso membuka jalan bagi Angelou untuk merekam album pertamanya sebagai penyanyi, Miss Calypso.

Memenangkan Grammy Award

Meskipun Angelou meraih kesuksesan sebagai penyanyi, ia juga memenangkan penghargaan Grammy pada tahun 1995 bukan karena banyak karya musiknya, tetapi karena rekaman puisinya On The Pulse of Morning, yang dibacakannya pada peresmian Presiden Bill Clinton pada tahun 1993.

Momen tersebut adalah kali pertama pada pelantikan presiden sejak Robert Frost pada peresmian 1961 Presiden John F Kennedy.

Menjadi sutradara sebuah film yang dibintangi Wesley Snipes

Wesley Snipes, yang perannya lebih terkenal dalam film aksi seperti Demolition Man dan trilogi Blade, adalah salah satu pemain dalam film Angelou’s 1996 Down in the Delta. Baca Juga: Kisah Maya Angelou Menginspirasi Jutaan Orang di Dunia

Menurut beberapa sumber, di kemudian hari ketika sudah menjadi penulis yang sukses, Angelou akan bangun jam 5 pagi dan memeriksa ke kamar hotel di mana para staf diminta untuk mengambil fotonya.

Puisi “Still I Rise” yang muncul di video doodle Google hari ini Rabu 4/3/2018 diperdengarkan oleh figur-figur terkenal yang terinspirasi oleh Dr. Maya Angelou, seperti penyanyi Alicia Keys, Oprah Winfrey, Guy Johnson, Laverne Cox, America Ferrera, Martina McBride.