Fakta Gerhana Matahari Total, Cincin Dan Sebagian

3626 views

Apakah gerhana matahari total itu? Gerhana Matahari Total adalah peristiwa alam yang terjadi pada bumi ketika bulan bergerak dalam orbitnya dan berada diantara bumi dan matahari (fenomena gerhana matahari ini juga dikenal sebagai Okultasi). gerhana terjadi ketika matahari dan bulan berada di konjungsi yang sama. Jika posisi bulan sedikit saja lebih dekat ke bumi, dan mengorbit di garis yang sama secara melingkar, kita akan melihat gerhana setiap bulan.

Namun faktanya orbit bulan berbentuk elips dan miring terhadap orbit bumi, sehingga kita hanya bisa melihat 5 gerhana dalam satu tahun. Gerhana matahari total bisa terjadi bergantung kepada geometri dari matahari, bulan dan bumi, bayangan matahari bisa tertutup bulan sepenuhnya terjadi seperti gerhana matahari total 2016 dan ketika gerhana matahari total 1983 yang terjadi di Indonesia dimana posisi matahari benar-benar terhalang oleh bulan.

Gerhana Matahari Total 2016

Selama gerhana matahari bayangan bulan terbagi menjadi dua bagian: umbra gelap dan penumbra ringan yang bergerak melintasi permukaan bumi.

Perbedaan Gerhana Matahari Total, cincin dan sebagian atau parsial

Perbedaan Gerhana Matahari Total, Cincin Dan Sebagian

  • Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total 2016 terjadi ketika bulan menghalangi posisi matahari sepenuhnya dan bayangan tergelap dari proses alam ini disebut “umbra” sehingga menyebabkan wilayah bumi yang terkena gerhana disebut “zona totalitas”.

Saat terjadi gerhana matahari total sering digambarkan sebagai “hole in the sky” cahaya corona matahari keluar dari sela-sela ruang bulan, fenomena ini disebut “mutiara manik-manik” sering muncul akibat dari sinar matahari bersinar keluar melalui lembah-lembah dipermukaan bulan.

Fakta Gerhana Matahari Total 2016, Cincin Dan Sebagian

Gerhana matahari total adalah satu-satu masa ketika dianggap aman untuk langsung melihat matahari karena cahaya kuatnya sedang terhalangi bulan, tetapi disaat posisinya mulai bergeser cahayanya akan merusak mata anda dalam sekejap! jadi hindari melihat langsung gerhana tanpa disertai kaca mata pelindung agar tidak membahayakan mata Anda.

Gerhana matahari total tidak selalu terlihat dari bumi. Di masa lalu, posisi bulan terlalu dekat dengan bumi dan seiring waktu orbit bulan telah berubah pada tingkat lebih dari 2 cm per tahun dan di zaman sekarang, penyelarasannya hampir sempurna. Namun, orbit bulan akan terus meluas daripada orbitnya sekarang, dan mungkin 600 juta tahun kedepan gerhana matahari total tidak akan terjadi lagi. Sehingga  dimasa depan nanti manusia hanya akan menyaksikan gerhana parsial atau cincin

  • Gerhana Matahari Cincin

Tidak seperti gerhana matahari total, ketika bulan berada jauh dari orbit biasanya, posisi bulan terlalu kecil untuk sepenuhnya menutupi matahari. Selama gerhana tersebut terbentuk cincin terang dari sinar matahari yang bersinar di sekitar bulan. Jenis gerhana ini disebut “annulus” eclipse yang berasal dari kata Latin “anulus” yang berarti “cincin”.

Fakta Gerhana Matahari Total, Cincin Dan Sebagian

Periode Gerhana Matahari Cincin tersebut dapat berlangsung di mana saja, lama waktu terjadinya gerhana dari kisaran 5 menit sampai 12 menit. Namun meskipun matahari sebagian besar tertutup oleh bulan, sinar matahari akan cukup terang terlihat disepanjang sisi luar bulan dan selama gerhana cincin terjadi tidak boleh menatap gerhana tanpa pelindung mata karena akan merusak retina mata anda.

  • Gerhana matahari parsial atau sebagian

Gerhana matahari parsial terjadi ketika bumi bergerak melalui penumbra lunar (bagian yang lebih ringan dari bayangan bulan) yaitu ketika posisi bulan bergerak di antara bumi dan matahari. Disini Bulan tidak menutup seluruh piringan bulat matahari, hal ini tentu bergantung dimana posisi kita berada seperti gerhana matahari 9 maret 2016 yang akan disaksikan oleh sebagian besar penduduk pulau jawa Indonesia

Fakta Gerhana Matahari Total 2016

Baca juga: Fenomena Gerhana Bulan Merah Darah

Fakta-fakta Gerhana Matahari Total 2016

  • Gerhana dapat terjadi setiap tahun dan bisa diprediksi. Tetapi fenomena gerhana matahari total 2016 dan 1983 yang terjadi di Indonesia merupakan siklus perulangan yang tergantung pada geometri dari matahari, bulan dan bumi ketika berada pada posisi yang benar-benar tepat sejajar.
  • Ciri ciri gerhana matahari total adalah ketika posisi bulan benar-benar menutupi matahari sehingga hanya corona matahari yang terlihat disekitar bulatan bulan seperti yang terjadi di indonesia, tepatnya di wilayah bangka belitung, balkpapan, halmahera
  • Gerhana matahari total dapat terjadi sekali setiap 1-2 tahun diberbagai belahan dunia. Hal inilah yang menjadikan fenomena alam ini sangat langka bahkan jika anda tinggal di kutub utara atau kutub selatan sekalipun, karena diwilayah tersebut hanya akan melihat gerhana matahari parsial.
  • Lebar jalur yang dilampaui gerhana matahari total adalah sekitar 160 km di seluruh lintasan dan dapat melintasi luas permukaan bumi sekitar 10.000 mil panjangnya.
  • Selama gerhana matahari total, kondisi di jalur area yang terkena gerhana dapat berubah dengan cepat. suhu udara turun dan area menjadi gelap dan biasanya juga diikuti fenomena aneh dari hewan atau binatang yang mengira malam kembali datang 🙂

fakta gerhana matahari total gerhana matahari total 2016

Berita Lainnya