Fakta Sejarah Buah Nanas, Dari Karibia Hingga Indonesia

oleh
Fakta Sejarah Buah Nanas Dari Karibia Hingga Indonesia
Sejarah Buah Nanas

Omediapc.com – Buah nanas adalah salah satu jenis buah yang digemari karena rasanya manis dan segar, selain bisa dikonsumsi langsung, nanas matang juga bisa di buat jus untuk dihidangkan di saat cuaca sedang panas, dengan rasanya yang lezat tak sedikit orang menggemari buah yang tumbuh subur di iklim tropis tersebut.

Sedikit menengok kebelakang, sejarah penamaan buah nanas yang dikenal dalam bahasa Inggris disebut “Pineapple” ialah berasal dari kata Spanyol ‘piña’, pertama kali digunakan pada tahun 1398 untuk merujuk pada pinecone.

Fakta ini kemudian berubah sekitar 300 tahun, dengan kata “pinecone” lalu diperkenalkan sehingga bisa digunakan secara eksklusif untuk menamai buah yang memiliki mahkota daun kaku tersebut.

Nanas ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1493 di pulau Guadalupe di Karibia. Upaya pertama kali orang-orang Eropa untuk membudidayakan nanas sempat mengalami kegagalan sampai mereka menyadari bahwa buah tersebut membutuhkan iklim tropis untuk bisa tumbuh.

Menjelang akhir abad ke-16, penjelajah Portugis dan Spanyol mengenalkan nanas ke koloni mereka di Asia, Afrika dan Pasifik Selatan.

Karena nanas sangat mudah rusak, maka nanas segar jarang bisa ditemui waktu itu hingga membuat kehadiran sebuah nanas segar menjadi simbol prestise dan masuk kategori untuk orang-orang dengan kelas sosial mewah.

Nanas pertama kali dibudidayakan di Hawaii pada abad ke-18. Hawaii adalah satu-satunya negara Amerika Serikat di mana pohon nanas masih bisa tumbuh.

Kini dibelahan dunia, buah nanas semakin mudah dijumpai terutama yang mempunyai iklim tropis yang jadi syarat tumbuh kembangnya termasuk di Indonesia, Thailand, Filipina, China, Brazil dan Meksiko.

Selain rasanya yang enak, buah nanas juga dikenal memiliki kandungan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C, antioksidan tinggi dan bromelain, dilansir Indobos.com manfaat buah nanas dapat memberikan khasiat seperti menambah kekebalan tubuh, kekuatan tulang, kesehatan mata, melancarkan pencernaan dll.