Dua Orang Tewas Dalam Ledakan Pabrik Kimia BASF Jerman

428 views

Jerman – Sedikitnya dua orang tewas dan enam terluka parah dalam kecelakaan ledakan dan kebakaran di pabrik produksi terbesar pembuat bahan kimia BASF di Jerman.

OmediaPc.com – Sementara dua orang lagi masih dinyatakan belum ditemukan dalam insiden yang merenggut dua korban jiwa tersebut.

Ledakan terjadi pada jalur suplai yang menghubungkan pelabuhan dan depot tangki di situs Ludwigshafen pada Senin pagi, menurut BASF yang perusahaan kimia terbesar di dunia.

Dua Orang Tewas Dalam Ledakan Pabrik Kimia BASF Jerman

Api ledakan dipabrik kimia Jerman terus mengeluarkan gumpalan asap selama berjam-jam, membuat BASF dan kota Ludwigshafen mendesak warga di daerah sekitarnya untuk segera menghindari kawasan tersebut dan untuk menutup pintu dan jendela rumah-rumah.

Pengukuran kadar asap yang dilakukan di daerah bencana sejauh ini menunjukkan tidak ada resiko dari asap beracun, kata BASF.

“Kami sangat menyesal bahwa ada karyawan tewas dan beberapa orang luka-luka. Kami berbelasungkawa kepada korban dan keluarga mereka,” kata kepala situs Ludwigshafen ini, Uwe Liebelt, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan BASF mengatakan sejauh ini belum jelas apa penyebab terjadinya ledakan dipabrik kimia itu, BASF juga belum bisa menaksir berapa kerugian finansial akibat ledakan tersebut.

Ini menutup 14 fasilitas, termasuk dua kerupuk uap, unit yang besar yang membuat komponen kimia, untuk alasan keamanan dan karena pasokan bahan baku terganggu oleh ledakan itu.

The Ludwigshafen site, sekitar 80 kilometer selatan Frankfurt, adalah kompleks kimia terbesar di dunia, dengan luas 10 kilometer persegi dan mempekerjakan 39.000 pegawai, menurut BASF. Pabrik kimia Jerman ini terletak di Sungai Rhine dan menerima banyak bahan baku melalui kapal.

Pelabuhan di saat ledakan terjadi adalah terminal cairan yang mudah terbakar seperti nafta dan metanol yang penting untuk pasokan bahan baku bagi BASF.

Berita ledakan di pabrik kimia Jerman, terjadi kurang dari dua jam setelah BASF mengatakan ada empat orang terluka dalam ledakan gas di fasilitas Lampertheim, sebuah pabrik dekat Ludwigshafen yang membuat aditif untuk elemen plastik.

Berita Internasional Pabrik Kimia

Berita Lainnya