Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil Sehat Dan Aman

594 views

Salah satu cara untuk memonitor sejumlah besar nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan adalah dengan membuat Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil, daftar menu sehat ini dibuat guna mengingatkan kebutuhan sehari hari dalam upaya memenuhi asupan bergizi untuk ibu hamil dan bayi.

Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil merupakan penggabungan dari berbagai jenis makanan agar menjadi menu makanan sehat harian ibu hamil yang menawarkan nilai gizi tinggi. kandungan makanan sehat tersebut memberikan banyak nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi selama kehamilan.

Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil Agar Sehat

Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil

Disini kami membuat daftar lima makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung nilai gizi tinggi, diantaranya:

  • Biji Labu (kwaci)

Mengkonsumsi biji labu sebagai makanan ringan selama kehamilan bisa sangat bermanfaat. Selama proses kehamilan otot-otot ibu hamil mengalami peregangan, sehingga otot ini terus-menerus melakukan perbaikan dan penyembuhan. oleh karena itu, sangat penting Anda sebagai ibu hamil untuk mendapatkan protein yang bisa diperoleh antara lain dari biji labu.

Biji labu adalah sumber makanan yang mengandung:

  1. protein
  2. kalium
  3. kalsium
  4. magnesium
  5. zat besi
  • Artichoke

Artichoke adalah jenis sayuran yang berasal dari Mediterania, sayuran ini berwarna hijau atau keunguan dengan kelopak yang berlapis-lapis. Sayuran ini sudah dimanfaatkan sebagai makanan sejak jaman mesir kuno sampai akhirnya menyebar ke belahan Eropa melalui orang Yunani dan Romawi (wiki-red)

Selama trimester pertama dan ketiga kehamilan, normalnya ibu hamil akan mengalami kelelahan, karena proses kehamilan bayi Anda menuntut banyak energi dari sang ibu. Dalam kasus ini, artichoke adalah alternatif yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sumber energi tambahan agar ibu hamil lebih bersemangat. karena Artichoke banyak mengandung:

  1. vitamin A, B dan C
  2. zat besi
  3. asam folat
  4. serat
  5. kalium

Artichoke mengandung asam folat tinggi, disarankan Anda makan artichoke dengan takaran lebih besar selama trimester pertama kehamilan atau gunakan saran sesuai petunjuk dokter dan tenaga ahli gizi

  • Tahini

Tahini adalah pasta berminyak dan kental yang dibuat dari biji wijen yang ditumbuk halus dan sangat populer di negara-negara timur tengah. Dengan penambahan tahini kedalam Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil ini anda akan memperoleh manfaat tinggi karena tahini mengandung asam lemak omega-6

  • Ikan Haring

Haring mengandung elemen tertinggi minyak ikan, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan karena berisi asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan otak bayi Anda. Selain itu, haring atau herring adalah ikan yang tidak mengandung merkuri, sehingga aman untuk dikonsumsi selama kehamilan

Baca juga Manfaat mengkonsumsi ikan saat hamil

  • Basil

Basil adalah salah satu sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, seperti:

  1. vitamin A, B6, E dan K
  2. kalium
  3. magnesium
  4. protein
  5. zat besi
  6. kalsium
  7. asam folat

Basil atau kemangi (ada yang menyebutkan dua jenis daunan ini adalah sama karena bentuknya yang mirip tetapi ada juga yang mengatakan berbeda terutama bila dilihat dari aroma baunya) akan memberi manfaat besar pada tenaga ibu selama kehamilan, semoga cara membuat Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil Sehat dapat memberi manfaat bagi yang membutuhkan, silahkan dishare….

Makanan Ibu Hamil

Berita Lainnya